Safri Ishak
Email: safrish@yahoo.com



Version 16-MAY-2021
Istilah Muntok
(suke suke saye)




Muntok (Bangka)
Kampungku, Kampung Kita

 
Kota Mentok di Kabupaten Bangka Barat adalah kota tua yang berdiri sejak berabad silam. Penjajah Belanda-lah yang membangun daerah itu, sekaligus menjadikannya sebagai kota pelabuhan.

Melalui Pelabuhan Muntok di Mentok, hasil alam terutama lada putih Bangka yang begitu terkenal diangkut kapal-kapal Belanda menuju ke daratan Eropa. Melalui Pelabuhan Muntok pula timah yang digali dari bumi Bangka dikirim keseluruh penjuru dunia.

Sumber: Internet
Saya lahir di Muntok tahun 1948, Ayah saya Ishak Moesa dan Mak saya Hasnah Djalil. Kakak saya Farida dan adik-adik saya Tamrin, Erman, Mashuri, Mansur, Rosvita, Noviar dan Rosmala. Kami tinggal di Kampung Keranggan Ulu. Ayah bekerja sebagai karyawan Tambang Timah Bangka jadi mekanik. Kakek dari pihak Mak, Djalil (Atok Tebing) berdagang ikan di pasar, setiap hari saya dan adik saya Tamrin ke pasar untuk mengambil ikan dari Kakek, kami mengambil ikan untuk lauk hari itu dan sekalian minta uang jajan sama kakek ... asyik. ....
Biasanya hal tersebut kami lakukan setelah saya dan kakak saya Farida pulang dari mengantar kue ke kedai. Mak membuat laksa dan roti goreng dan pagi pagi sekali kami mengantar ke pasar dan sore harinya kakak saya mengambil hasil jualan.
 


( dwinita.multiply.com )
 
Bahan utama laksa, tepung beras dan tepung kanji, dibuat adonan kemudian dengan alat ditekan sehingga adonan berbentuk mie, langsung masuk kedalam air mendidih. Setelah masak dan mengapung diangkat dan dimasukkan kedalam air dingin, lalu sedikit-sedikit diletakkan ke telapak tangan, sehingga berbentuk seperti gambar disamping dan diletakkan di daun pisang. Satuan laksa ini disebut satu cap. Kuah laksa dibuat dari gilingan ikan tenggiri, dicampur dengan santan, kunyit, garam dan bumbu lainnya. Satu atau dua cap laksa, kadang-kadang ada yang bisa tiga empat cap, ditaruh di piring cembung lalu disiram kuah, ditambah garam cabe giling, lebih asik lagi kalau ditambah kemplang bangka. Laksa dipotong-potong pakai sendok, lalu dimakan ...... seluruppp ........ hmm ..... yummyyy. Resep Laksa Bangka.
Kakek dari pihak Ayah, Moesa (Atok Tanjong) tinggal di kebun kearah mercu suar Tanjung Kelian, kakek dan nenek beternak ayam dan menanam pohon buah-buahan diantaranya Rambutan dan Jeruk Bali. Menurut cerita ayah dulu kakek punya perahu untuk mengambil dagangan dari Jawa dan beliau juga punya kuda untuk menarik gerobak dan biasanya ayah yang bertindak sebagai pengendali kuda.
Tidak jauh dari rumah kami ada sungai kecil tempat kami berenang, memancing dan memanah serta menombak udang. Ada beberapa macam udang yang masih saya ingat, yang paling kecil udang lanji-lanji, kecil dan kulitnya transparant, untuk menangkapnya kami menggunakan jerat mirip lasso. Ujung jerat dibuat dari serat batang pisang, mirip benang, kemudian dibentuk seperti lingkaran dan diikat diujung lidi. Cara menangkap udang lanji-lanji adalah dengan menjerat mata-nya, bukan lehernya seperti me-lasso sapi, karena udang tidak ada lehernya .... he he.
 

source anse
Kemudian ada udang pasir yang suka membenamkan dirinya kedalam pasir, cara menangkapnya, pertama-tama pasir dasar sungai kita susur dan dorong dengan kaki, kalau kena maka undang akan keluar dan pindah ketempat lain, lalu membenamkan diri kedalam pasir lagi, nah kalau kita sudah tahu tempatnya, gampang sekali untuk menangkap udang tersebut.

Udang Satang (sumber)
 
Ada lagi udang jerangkong, mirip udang satang atau udang galah, hanya ukurannya lebih kecil, kira-kira seukuran panjang jari tengah. Cara menangkap udang jerangkong adalah dengan menggunakan panah. Anak panah biasaya kami buat dari lidi nibung alias enau dan anak panah dibuat dari jari-jari sepeda. Kami tidak menggunakan busur, tetapi hanya menggunakan karet gelang, karet gelang dilingkarkan dijari jempol dan telunjuk tangan kiri, pangkal anak panah diletakkan di ujung karet, lalu ditarik dan kalau dilepaskan maka anak panah akan meluncur menuju sasaran.

Udang yang paling besar di sungai kami adalah udang satang atau biasa disebut juga udang galah. Udang galah dapat dipancing, biasanya kami membuat pancing dari jarum pentul atau peniti yang dibentuk sebagai mata pancing, agak kecil agar bisa masuk kedalam mulut udang. Selain dipancing, udang satang bisa juga diserampang atau ditombak, serampang itu mirip trisula, cuma ukurannya lebih kecil, ayah yang membuat. Untuk menombak atau menyerampang udang satang, kita harus mengetahui dulu tempat bersembunyi udang satang berupa cerukkan dipinggir sungai. Kalau ada udang satang mula-mula yang kelihatan adalah sungutnya, kita tunggu sampai kepala udang satang keluar, diserampang lalu digoreng. Saya dan adik saya menangkap udang mulai dari bawah jembatan kampung Ulu sampai ke bawah jembatan ke arah pasar, kira-kira satu setengah kilo meter bolak balik.

Komentar dari FB Dachyar Ayan
kalo' saye buat serampang dari jari2 ketangen..mule2 kite potong sesuai yg kite nak, terus salah satu ujung ee kite panas ken sampai merah dan dipokol same tokol besi biar agak pepeh. bagian yg pepeh tadi kite keker sikit ontok diuan ruet. ontok ruet yg pengger dibuat sebelah jak dan yg tengah ruet ee kiri kanan. bagian luar kite bentuk agak melingkar dan yg tengah lurus, setelah tu disoson diujung tangkai sapu yg lah di bentuk. tahap 2 molai buat kace mate selam dr kayu telonjok antu dan dibentuk layak ee kace mate las. kace tinggal nyare di belakang romah org terus di bentuk sesuai lubang ,setelah tu nyare ndu-ndu yg suke ditiang romah buat sarang, sarang tgu lah yg jadi lem antare kace rame bingkai kace mate tadi. Barulah kite kesongai start dr songai arang2 sampai songai polin (pabrik es). kami nyelam sampai masok leguk dimane tempat beserau udang satang tu. udang satang keluar leguk pas jam 12 siang keatas. cerite mase kecil heheheeee

Safri Ishak
Bang Dachyar bagus cerite e .... lah kami upload ke blog kami.
Songai arang arang samapi songai polin (pabrek es), men kami start dari sungai kampong ulu ...

Dachyar Ayan
kalo' dulu disongai kp ulu dak de leguk yg bagus...cune ade sekok yg banyak udang satang tu pas dibawah tebing salam dekat romah Bang Tau'

Safri Ishak
Iye tau kami tempat leguk tu, di tebing salam tu kami lah suah jatoh dari ketangen .... dari kebun bawak ubi kayu di kotak belakang ketangen... dari atas tebing lopak ngerem ..... ketangen jadi oleng sebab telalu berat kebelakang .... kedebum .... ontong dak masok songai .....

Dachyar Ayan
cerite age' tentang tebing salam.... judul ee "berani mati". kalo' dulu belajar ketangen pasti ade yang ngajar, biasenye ayah kite. jadi tiap petang kalo ayah polang kerje lah menta' ajar naek ketangen, disorong lah same ayah berape kali bolak balek. tiap sekali sorong jatoh, 2 kali jatoh dan ketige gitu juga. esok pagi ee begitu ayah polang kerje saye langsung nyapai ketangen dan disorong langsung ketebing salam...tau dak bang saye dengan yaken ee ngelosor sendere same ketangen lansung bise, tapi org bejerit nengok saye meluncur panik hahhaahaaaa

Safri Ishak
Bang Dacyar, tegelik gelik kami bace e ..... pakai ketangen laki yang ade palang e sebelah tangan megang setang sebelah lagek megang palang ..... dan rem e rem kaki ... men dak kuat kaki nahan tempat kaki tu ... badan awak yang terangkat ..... kate orang orang tue kalok nak pandai naek ketangan tu mesti jatoh dolok .... he he

tebet barat
Kalau ikan yang saya ingat adalah ikan seredeng (bukan kepetek), ikan tanah, ikan belokoh, ikan belanak, ikan ketang-ketang, ikan belut dan ikan sembilang. Biasanya kami memancing ikan pakai aur dan menggunakan udang atau daging ikan sebagai umpan. Ikan seredeng badannya bening alias transparant.
Ikan tanah ada dua macam ada yang polos dan ada yang belang belang, mirip ikan mas, ikan tanah biasa kami pelihara dalam kulah atau bak mandi dirumah sebagai ikan hias, kalau mandi bisa sambil lihat ikan tanah.
Sumber:
ikan hampala
  tebet barat
Catatan From: Imran Sent: Wednesday, April 15, 2009 8:51:52 AM
Subject: kenangan masa kecil

Ass.Wr.Wb
Bace cerite bang Safri kami jadi teringat masa kecil duluk.
Bang, ikan yang bening tu kalok menurut kami buken ikan kepetek, tapi ikan seredeng., kalok aek pasang ikan tu banyak sekali. Ikan belokoh ade 2 macam, yang sekok ikan belokoh yang suke melekap di pasir yang sekok lagek belokoh gantong (warnenye agak hitam). Belokoh gantong ni suke diatas permukaan aek, jadi kalok mancing ikan "seredeng" umpan tu paling sering dimakan belokoh gantung. Ikan belokoh gantung paling banyak didekat jembatan mang kecap, apelagek disitu ken ken ade "kantor pos", kalok "emas kuning" jatuh dari kantor pos tersebut ikan belokoh gantung tu langsung berebut.

Abang kami kalok nak lebaran suke buatken kami adeknye yang 3 orang laki-laki ketupat "kerbau", bentuknya seperti hewan tersebut cume kecik. Kate Mak Yak Jaw, abang kami belajar dari ayahnye bang Safri.

Dulu bang Safri suke naik/ main rakit dak disungai kampung Ulu?

Ikan ketang-ketang badannya pipih dan berbentuk mirip piring, kulitnya kuning kehitam-hitaman dan ada totol-totol hitam, mulutnya kecil dan makannya sedikit-sedikit sehingga susah untuk dipancing. Ikan sembilang mirip ikan lele, warna kulitnya lebih mulus dan merata tanpa bintik-bintik, badannya agak besar terutama kepalanya. Ikan ini paling banyak pada waktu musim hujan dan banjir, mungkin berkembang biak di anak sungai dan rawa di hutan, sehingga pada waktu banjir hanyut ke sungai.
Kometar tentang ikan ketang ketang di FB.

Ikan belokoh mirip ikan malas yang pernah populer untuk menambah vitalitas, ikan ini suka bersembunyi dalam pasir dan paling gampang dipancing karena mulutnya lebar dan rakus, asal ada umpan langsung disambar. Dulu ikan belokoh ini kami buat pakan ayam, itik dan bebek manila, ikan dipotong-potong lalu disebar di tempat makan unggas tadi. Ikan belokoh ada dua macam, yang satu lagi ikan belokoh gantung, warnanya agak hitam, lebih kecil dan biasanya berada dekat permukaan air.
Ikan belokoh atau Marble Goby.

Ikan belanak dan ikan belut umum terdapat dimana-mana.


Kegiatan yang paling mengasikkan adalah mandi di sungai, hampir tiap sore setelah main bola, petak umpet atau galah panjang, kami mandi disungai bersama kawan-kawan. Faforit kami bagian sungai di depan Surau Kampung Ulu, dari surau ada anak tangga, lebar sekitar sepuluhan meter, lebih kurang belasan anak tangga, kemudian ada semacam pelataran yang biasa dipakai ibu-ibu mencuci pakaian. Kalau air surut kami melompat dari pelataran tersebut kedalam sungai. Ada lubuk atau bagian sungai yang dalam menjorok kebagian bawah pelataran, kami biasa menyelam melihat ikan di lubuk tersebut, kemudian berenang, main perang-perangan air dan lain-lain.


Source: AntaraFoto

Sambil mandi, kami juga mengumpulkan buah karet yang hanyut untuk diadu, buah kemiri untuk diadu juga, dan buah gayam, direbus, enaaaak. Di musim air pasang kami melompat atau terjun kedalam sungai dari tembok depan surau atau dari jembatan dekat rumah Mang Kecap.

buah gayam
buah gayam
buah gayam


Catatan From: Noviar Ishak. Sent: Tuesday, December 16, 2008 8:51:23 PM. Subject: Gayam's
Ass,
Bang ini ada beberapa foto batang gayam, daun dan buahnya.
Piyai ambil di Teluk Rubiah, belakang rumah Pak We; Kampung Ulu, seberang rumah kita dulu dan di rumah piyai di Pangkalpinang.
Untuk mengingat masa lalu.
Wass

From: susy2aa Sent: Thursday, April 2, 2009 11:36:29 AM
To. Alfres, buah gayam tuh enak, rase e mak nyos yg di foto om Sapri tu buah mentahnya, kalo lah diolah lah direbus truss makan kek kelape parut muda enak, warne gayam e kalok direbut warne e agak ke coklat.


Sudah lama sekali saya tidak pulang kampung, terakhir tahun 1964 bersama ayah, mudah-mudahan sungai Muntok masih seperti dulu, tapi saya tidak yakin, dengan adanya pembalakan liar dan tambang timah rakyat, entah bagaimana nasib sungai tersebut. Salah satu kawan main saya sekarang menjabat sebagai bupati Bangka Barat, mudah-mudahan beliau masih ingat kondisi sungai dulu dan punya niat dan usaha untuk melestarikannya. Amiiiin.




sumber
Selain sungai di Mentok atau Muntok ada daerah pantai, pelabuhan dan laut. Dua atau tiga bulan sekali, ayah dan mak mengajak kami piknik kepantai, yang paling dekat pantai di teluk rubiah sampai pantai pait. Kalau kesana kami melewati rumah Atok Djalil, atok atau datuk alias kakek, bersama nenek tinggal di rumah di atas tebing, ada kira-kira empat puluh anak tangga menuju kerumak atok. Nenek atau Nek Tebing biasa kami panggil, menanam sirih disekitar rumah untuk dimakan dan dijual, kalau atok kan jualan ikan di pasar.


Selain sirih, di halaman rumah Atok ada pohon pisang, pohon sukun, pohon mangga, pohon kelapa, pohon keranji dan pohon bunga kaksiau. Paling enak makan di rumah Atok, masakan Nek Tebing sangat enak terutama gulai tumis ikan pari dan gulai udang dimasak dengan irisan nenas, Atok selalu memilih bagian ikan yang paling gurih dan membuang tulang atau duri ikan sebelum meletakkannya ke piring kami.


Gulai Tumis Ikan Pari

Macam macam ikan yang dijual Atok Djalil.


Ikan Parang

Ikan Selangat

Ikan Pari

Ikan Semenyak

Sotong

Kembali ke acara piknik tadi, setelah melewati rumah Atok, kami melewati rumah Pak We Mat dan Mak We Mok, mak we adalah kakak mak yang paling tua atau tue bahasa Muntok nya, jadi dipanggil Mak We.

Dulu Pak We sering ngambil air legen dari pohon enau, Mak We yang masak, kalau lagi ke Teluk Rubiah, kami suka minta air legen yang baru dimasak, enak diminum panas-panas rasanya manis, kalau sudah hampir kental kadang-kadang Mak We memasukkan ubi kayu inipun pastinya enak, dan kalau sudah masak cairan gula aren dimasukkan kedalam cetakan. Pak We dan Mak We dulu jualan gula aren, Mak We juga jualan kue ke pasar khususnya lemper.
 

sumber

sumber
Kegiatan yang biasa kami lakukan dipinggir pantai selain mandi atau main air laut diantaranya mencari remis, remis mirip lokan, atau kerang tetapi kulit luarnya rata tidak bergerigi macam kerang. Cara mencari remis, pasir dibibir pantai dikikis dengan bilah bambu atau pisau, kalau terantuk dengan remis, maka remis akan terangkat dan tinggal dipungut. Remis di rebus atau ditumis oleh Mak kami, rasanya manis dan sedap, maklum remis masih fresh dan yang paling utama hasil usaha sendiri. Selain remis, kami mencari siput laut, direbus, cara mengeluarkan isi atau dagingnya dicungkil dengan peniti.

Kalau lagi musim, kami juga suka mengumpulkan rumput laut atau janggut doyong, dibuat kerabu (urap) atau yang lebih enak direbus kemudian dicampur sambal asam, enaaak buat lauk nasi, pedasss tapi tidak pernah jera, makan terus sampai habis, berkeringat dan keluar air mata, apalagi kalau minum air suam-suam kuku tambah banyak air mata keluar.

Setelah penat bermain, kumpul dan makan siang bersama, selain nasi dan lauk pauknya, kami dapat penganan yang dibuat Mak, kadang-kadang pastel, kadang-kadang roti goreng isi, kadang-kadang lepat ubi kayu dan lain lain. Siap makan siang, istirahat sebentar, lalu pulang, ayah menuntun kereta angin, mak menggendong adik yang paling kecil, yang lain mengikuti bak itik pulang kandang.
 




Mak dan Sembilan Anak + Ada cucu ikut satu.
Idul Fitri, Kompleks Kejaksaan No D14, Tebet Barat Dalam IX/D.

FB Photo Album and Comments.

Mak
paling pandai memasak, rasanya paling sedap sedunia, walaupun cuma sambal belacan sama sayur darat paling sedikit dua piring nasi lewat. Sayur darat adalah sayur yang paling sederhana, sayurannya potongan batang keladi atau talas, ditambah bumbu tiga, garam, cabe, belacan, kalau tidak ada batang keladi, bisa diganti dengan timun atau kacang panjang atau nangka muda, lebih asik lagi kalau ditambah udang, kuahnya jadi manis. Saya masih ingat waktu pulang ujian sekolah dasar, sampai rumah mak sudah menyediakan tumis kecambah pakai udang kering, nikmat sekali, mak paling tahu kesukaan anak-anaknya. Saya sangat kagum sama mak, anak sembilan, tanpa pembantu rumah tangga, makan kami cukup, baju rapih, semua bisa sekolah, dan mak pantang berhutang, luar biasa. Mak sangat teliti dan disiplin, semua anaknya pasti dapat bagian, walaupun ikan atau ayam satu ekor kebagian semua, lauk tadi dibagi dulu lalu ditarok di piring masing-masing.




Catatan tentang Sayur Darat atau Lempah Darat
From: Dini Melisda Sent: Thursday, April 16, 2009 12:36:25 PM

kl gitu ni die lagu e;
yok miak kite pegi ke kebun kehume
bawak suyak bawak suyak mikul pacul
kite begawe2 besame2
ambek belacan, garam cabik kecik
kite ngelempah2 lempah darat
urang dihume2 nunggu lah lame

From: Safri Ishak Sent: Thursday, April 16, 2009 11:47:55 AM

aak kami lah suah buat sayur darat campur bayam
rase e macam sayor darat lah

daon ape jak pacak dimasak sayor darat
tapi jangan cube daon pintu same daon tengkap ye :)
kalok daon paku boleh

cerite e sayor darat tu biase e di masak di kebun
dari romah bawa belajan jak
same ekan asin lah kalok ade atau kepale sengkor bakar ... he he
jangan lopak bawa cabek same garam

jadi ape jak yang ade di kebun dapat dimasak sayor darat
termasuk yang tadi tu, kangkung, nangka mudak, bayam, kacang panjang, alar, pelepah keladi, labu, temon, daon sokak, buah sokak, daon paku, daon sawi, jagong ..... etc etc.


Selain masak Mak juga pintar mengaji dan pintar menjahit, baju sekolah, baju lebaran dan baju sehari-hari tidak pernah beli, mak jahit sendiri, kalau tidak bisa pinjam mesin jahit, mak jahit pakai tangan. Mak tempat kami mengadu dan tempat kami belajar kalau ada tugas sekolah, terutama berhitung dan menggambar. Saking sibuknya mak, saya sampai tidak tahu apa yang paling disukai mak. Setelah berkeluarga dan lama merantau, saya baru tahu mak sangat suka dengan bunga mawar. Waktu itu kami sekeluarga main ke rumah mak, potret potret, sesudah dicetak, kami tanya mak, photo mana yang mau mak perbesar, mak memilih photo mak yang ada latar belakang bunga mawar. Rupanya sejak gadis mak paling suka menanam bunga mawar.





Keluarga Musa Alimat Mentok Bangka, Alm Nek Tanjong (depan no 2 dari kiri), Alm Atok Tanjong (depan no 2 dari kanan), Alm Ayah kami Ishak Musa (belakang no 6 dari kiri), Aak Farida Ishak digendong Ayah, disebelah Ayah Alm Mak kami Hasnah Djalil sambil menggendong saya Safri Ishak (masih botak belum tumbuh rambut, sekarang botak lagi rambut sudah pada rontok .... he he).
FB In this photo

Ayah adalah idola kami, hampir semua pekerjaan dapat dilakukan ayah dengan baik, tukang kayu, tukang batu, montir, bubut, listrik, buat peralatan dapur seperti panci almunium, merajut jala dan pukat, berkebun, mencangkok, okulasi dan sambung tanaman seperti rambutan, petai, memancing, menjala dan memukat ikan, menjerat dan menggetah burung, memelihara ayam dan itik, membuat mesin tetas, dan hobby main bola diposisi center back. Sayang saya tidak mampu menyerap skill ayah, adik saya Tamrin yang punya multi talenta macam ayah.

Di Kampung Ayah dipanggil Bang Ak Tunggul Serok, tunggul itu pangkal pohon, serok sejenis kayu yang sangat keras dan tunggulnya sangat susah untuk dibongkar. Ayah dapat panggilan tersebut karena bermain di posisi back dan terkenal sebagai pemain bertahan yang susah dilewati oleh pemain lawan. Pernah suatu hari Ayah sedang bermain bola, adik kami Mashuri step alias kejang-kejang, saya sama kakak berlari kelapangan bola, begitu mendengar kabar adik sakit, Ayah lagsung keluar lapangan dan berlari ke rumah meninggalkan permainan bola dan meninggalkan kami berdua, karena tentunya lari kami tidaklah secepat Ayah berlari. Alhamdulillah walaupun suka step adik kami Mashuri selesai mengikuti pendidikan dan berkarir di TNI Angkatan Laut.

Suatu kali saya diajak ayah mancing ikan kelaut, habis magrib kami berangkat kepantai, lalu naik sampan, sampan ayah sangat istimewa dibuat dari bekas sekoci kapal terbang jepang, dari bahan almunium. Sampan didayung ketengah laut, jangkar dilepas, lalu lentera dihidupkan, ikan-ikan kecil menghampiri sinar lampu, cumi-cumi naik mengejar ikan kecil, cumi-cumi ditangkol sama ayah. Tangkol itu mirip jaringan untuk menangkap ikan gurame atau ikan mas dikolam, ada bagian lingkaran yang diberi jaring dan ada bagian gagangnya, ayah membuat tangkol sendiri termasuk merajut jaringnya. Cumi-cumi sebagian dibuat umpan untuk memancing ikan dan sebagian lagi dibawa pulang, digoreng pakai asam garam, paling enak kalau cumi ada telornya.
 

source

Malam itu kami mancing semalaman, selesai mancing dan menangkol cumi-cumi, kembali kedarat, ayah turun duluan dan menambat sampan, waktu saya mau turun, kaki tidak bisa digerakkan, rupanya terlalu lama duduk bersila disampan sehingga kaki jadi kesemutan dan kaku, ayah senyum senyum saja, baru tahu saya, saya kirain gampang saja mancing ikan ........ he he. Sejak itu kalau saya makan ikan tidak pernah bersisa, sampai tulang dan sirip ikan dipatahkan dan di-isap-isap.
Tempat Ayah menambatkan sampan di pantai Pelabuhan Mentok yang disebut Lembong.



Komentar FB:
Sofian Umar January 2010
@Bang safri: wui...rupe e abang nih lah suah juga nangkol cumi2...kalo kami dak dibere ayah kami ngikut mancing. Tapi benar kate bang Tas kite tuh, ayah kami kalo polang mancing agak cepat, berarti die dapat ekan banyak. Kadang jam 2 malam die lah naik dari laut, lewat sungai arang2 malam2 buta, dari jauh lah kedengar suare lampu strongken e tuh...malam2 kami bangun...mbakar cumi2 segar....aih sedap benar bakar cumi2 dan udang malam2 buta..dak pakai cuci agek...mantap !

Sofian Umar
ye bang Safri, sampan tu kami mbuat sendere. Ayah kami arsitek e, kami asisten e....ade 6 bulan kami begoyor mbuat e tu. Polang sekolah kami agek SR dulu mbantu ayah kami, mbuat e di dekat romah kami yg lame di teluk rubiah, sekitar belakang romah bang Karnen. Rase lame benar....dari hari ke hari kerje sikit2, mbuat dempul e, ngelengkungken papan e pakai pemanas dg cara membakar kayu. Cumen lopa papan ape dulu, tapi rase e bagus benar mutu papan e. Rase e dak sudah2 ngurus bende nih. Begitu lah selesai rase e seroi benar. Kami tarik pakai tali ke pantai telok rubiah lewat romah bang Ali bontet, lewat romah wak seron dll. Ade kire2 1/2 km kali ye. Eh...sampai di pantai rupe bende nih lom beres...agek oleng sikit, tepakse tarik ke tempat semule...lalu dipoles pakai ape kami dak ngerti, pokok e pacaklah ayah kami ngurus eee. dan setelah dibenarkan sikit sekitar 1-2 minggu kemudian di terai agek (try) dan alhamdulillah berhasil. Entah ilmu dari mane ayah kami mbuat sampan tu, padahal die cumen montir. Pantas die sayang benar dg sampan e, untung ade kaban Dahyar, kalo anyot diorang ade yg nyambut e di sungai sebelah bawah sikit he he, thanks buat Dahyar dkk (team penyelamat) yg hobby e mandi di songai.


Ya Allah sayangilah ayah dan mak kami melebihi kasih sayang mereka kepada kami.
Amin Ya Rabbalalamin.






sumber
 
Selain belajar disekolah saya merasa banyak sekali waktu untuk bermain, nanti saya bahas apa saja yang biasa kami lakukan. Saya sekolah taman kanak-kanak di Kampung Tanjung, masuk Sekolah Rakyat di SR 1 dekat kantor TTB Tambang Timah Bangka, kemudian kelas 3, kami, saya dan kakak saya Farida, pindah ke SR 3 di kampung baru, tepi jalan menuju kearah Tanjung Kelian. Saya masih ingat waktu pindah, kami ramai-ramai jalan kaki dari SR 1 ke SR 3 melalui jalan kampung, anak laki umumnya sambil lari.

Tidak jauh dari SR 3 (Sekolah Rakyat atau Sekolah Dasar), dijalan setapak, saya menginjak beling, waktu itu sepatu dijinjing biar larinya lebih enak, lukanya cukup dalam dan banyak darah yang keluar. Kebetulan rumah moyang dekat sekolah, moyang satu tingkat diatas kakek, moyang dukun urut, saya dibawa kerumah moyang, dibacakan jampi-jampi lalu luka saya disembur, Alhamdulillah darah berhenti dan tidak pernah dibawa ke rumah sakit dengan berjalannya waktu luka di kaki saya sembuh.
 
SR 3 (Maret 2009)

Di sekolah yang baru, Pak Guru mengatur tempat duduk kami dua orang satu bangku, entah mengapa saya paling terakhir dipanggil, barangkali nama saya dimulai dengan huruf S, kawan-kawan sudah dapat tempat duduk dan tinggal satu bangku yang kosong dan tinggal saya sama satu murid perempuan. Maka saya dan kalau tidak salah nama kawan saya itu Nurbaiti harus duduk satu bangku. Harusnya saya bersyukur, tapi pada waktu itu tidak lazim murid laki-laki duduk sebangku sama anak perempuan, malu na itu. Duduknyapun saling membelakangi dia menghadap kekanan dan saya menghadap kekiri, mana pula mau saling pandang, melirikpun awak tak berani. Pada kesempatan ini saya minta maaf kepada kawan saya, karena lama sekali saya baru berani menegur atau menyapa kawan sebangku saya. Maaf ya Nurbaiti.

Catatan From: arrazi fachrudin
Sent: Tuesday, April 21, 2009 12:36:17 PM
Subject: To : Bang Safri : Re: Almarhum SD 93 Re: [Mentok-Bangka] Re: [sd 92

Bang Safri, saye kenal dengan kawan sebangku Abang tu Nurbaiti. Kalo di kampung baru hanye sekok yang name e Nurbaiti tu.
Sekarang beliau tinggal di Cibinong, name suami e Hatta (orang telok rubiah), Bang Hatta ni kalok di mentok lebih di kenal dengan panggilan Se Bung.
kami manggel Nurbaiti tu dengan sebutan Kak Ti, adek Kak Ti tu antara laen yang laki name e Fauka Ali.

Kakti tu tetangga kami dulu waktu di mentok, kami kalo nak mandi songai di batu ampar, manah dan nyerampang udang satang selalu lewat romah beliau karene romah e pengger songai batu ampar kampong baru. Dari batu ampar tu kalo aek pasang kami buat raket dari boloh terus nganyot sampai songai ulu.. Pernah dulu kami nangkap olar sabak (sanca) besak e se pokang orang bujang kami nangkap e ramai2 orang 5-6 panjang e kire2 ade tige meter lebeh akher e kami bawa ke darat teros kami jual same orang ciu long (cinglong), dok gare2 Kakti jadi cerite jaman duluk ngelantor... . he he he

From: Safri Ishak
Sent: Tuesday, April 21, 2009 1:04:02 PM
Subject: To : Bang Long : Re: Almarhum SD 93 Re: [Mentok-Bangka] Re: [sd 92

Assalammualaikum Wr. Wb.
Bang Long
teremak kaseh banyak lah bebagi informasi ni ke kami.

Mudah-mudahan suatu ari nantek kami bise ketemu same Nurbaiti sekeluarge.
Kalok Bang Long ade kontak atau ketemu same Kak Ti tu, kami titip salam ok.

Wassalam,
Safri

From: Safri Ishak
To: mentok-bangka <mentok-bangka@yahoogroups.com>
Sent: Tue, December 29, 2009 4:16:08 PM
Subject: [Mentok-Bangka] Reuni SMP Mentok

ari minggu tanggal 20-12-09 pokol 10:00 lalu ade undangan dari keluarge sugondo ontok kompol kompol
lokasi e di billy moon kali malang bekasi
kami datang same tante erry dan aak farida, sengajak ngajak aak farida sebab die yang paleng apal sisilah keluarge kami dan banyak tau dan kenal same orang mentok
kate aak kami, kami kurang gaul, rute e cume sekolah langsong polang ke romah, kalok aak kami motar motar dolok baru sampai ke romah, jadi banyak yang kenal same aak kami

sebelom ketempat undangan, kami singgah dolok ke romah sepupu kami amri musa yang romah e cume empat romah dari romah keluarge sugondo, duluk romah amri musa di sungai daeng
sesudah ngerahol kesane kesini cerite tentang waktu kecik di mentok, tepat pokol sepoloh kami datang ketempat undangan

aak farida beceloteh same kawan kawan e, ontong lah kami ngajak aak, jadi senang hati die
kami ekot juga be salam salam
pas lakse lah dihidangken, langsong ngambek lakse due cap abis tu makan empek empek terus nyube kue lumpang same kacang rebus

tamu tamu yang laen terus datang jugak dan seperti biase be salam salam sambel nanya dulu di mentok di mane, name ayah sape, sekolah dimane, anak lah berape, cocok ade berape ..... etc etc

pas besalam same salah satu ibu ibu, die cerite duluk tinggal di kampong baru, di sempang atas tebing dekat songai belok ke kanan
teros kami cerite duluk kami juga ade kawan waktu sr (sekolah rakyat alias sd) romah e di kampong baru dan name e baiti, teros kate die, name kami juga baiti, nah lu

setelah kami liat lebeh teliti, subhanallah, rupe e memang baiti kawan kami sebangku di sr 3 duluk
jadi lanjut lah kami becerite, biar tante erry dak betanya tanya, baiti kami kenalkan same tante "baiti ni duluk duduk sebangku waktu kelas 3 sr"
teros kami kenalken jugak sama aak kami, setelah ngobrol ngobrol baiti ngajak aak kami singgah keromah mereka di cibinong (jadi yang diajak bukan kami ... he he)

sok pagi e kami dapat sms nanya no telp aak kami, teros kami tanya dari sape ni, jawab e dari bang hatta baiti (suami e ak baiti), barangkali nak mem follow up undangan e, wallahualam bis sawab

disitu kami ketemu jugak same kawan sekolah rakyat dan smp mentok, antara lain bang radjulaini, ak yong, ak aryati, bang suhaimi (mantan camat mentok dan sekwilda bb, duluk dari sr 3 kampong baru kami suke polang same same sebab romah die di kampong tanjong), bang ang izhar dan banyak agek yang laen

lepas lohor kami pamit polang dolok, sebab ade acare laen, biase e reuni macam ni berlangsong sampai petang

photo reuni dari bang djul
xxxxxxx
In this photo: Fauka, Safri Ishak, Radjulaini Yusuf, Suhaimi, Anniar, Mimi etc.
Safri Ishak Bang Dju: dimuke romah kami di Mentok, disebelah e romah Bang Robet, duluk ade yang name e Ak Mimi ...
Anniar Samanhudi Cube ekak buka situs kami judul e Balik Kampong Mentok. Ak Mimi tu sepupu kami..wkt reuni di Kel Sugondo ade Ak Mimi Alfaca..dalam foto yang dikirim Bangju juga ade foto Ak Mimi. sedare Ak Mimi tu : Ak Yun, Aswin, Nuria, Ican ..kali2 maseh engat..

More...

Salam,
Safri

 


Waktu itu beban pelajaran disekolah sangat ringan dibandingkan dengan jaman sekarang, kami hanya belajar bahasa (menulis, membaca dan mengarang), berhitung, kesenian (menggambar, menyanyi) dan belajar agama. Nilai ujian hanya berisi nilai Bahasa Indonesia, Berhitung dan Agama.
Pelajaran favorit saya menggambar, bukan karena saya pandai menggambar tetapi karena guru saya yang pandai menggambar, saya paling ngeri sama pelajaran menyanyi, kalau menyanyi selalu dibalik papan tulis. Papan tulis jaman dulu berwarna hitam dan ada kakinya, ada jarak antara dinding kelas dengan papan tulis, jadi kita bisa berdiri dibelakang papan tulis, sampai sekarang saya masih trauma kalau diminta untuk menyanyi ...... he he.

Peristiwa lain yang berkesan di sekolah adalah ketika kami sudah di kelas enam, guru gambar kami, saya lupa nama beliau, saya paling susah mengingat nama, beliau selalu melatih dan memberikan tugas kepada kami untuk menggambar bentuk dan bayangan, misalnya lampu tempel, gelas, botol, teko, panci, belanga dan lain lain. Suatu ketika beliau ditunjuk sebagai ketua dan koordinator perlombaan menggambar seluruh SR di Muntok, sekolah negeri dan sekolah swasta. Materi yang diperlombakan salah satunya adalah menggambar bentuk, entah karena sudah terbiasa, alah bisa karena biasa, entah karena nasib baik, saya sebagai salah satu wakil SR 3 mendapat peringkat pertama.

Alhamdulillah. Lulus SR saya masuk SMP Negeri satu-satunya di Muntok, naik kelas dua, kami ikut ayah dan mak merantau ke Jakarta.

Kembali kisah tentang banyaknya waktu luang untuk bermain dan sekarang baru saya sadari dengan bermain banyak waktu untuk belajar langsung dari alam dan lingkungan disekitar kita, sehingga banyak sekali tindakan yang saya lakukan dalam pekerjaan maupun hidup berdasarkan pengalaman saya alami waktu bermain.
Dulu di kampung kami kecuali main sepak bola, bermain ada musimnya, musim layangan, musim main karet gelang, musim gasing, musim kelereng, musim adu kemiri, musim galah panjang, musim meriam, cari beling dan sebagainya.
Layangan atau waw, kami buat bersama ayah, bentuk ular, kepala atau bagian utama layangan berbentuk segi lima, lalu ekornya seperti ekor ular berwarna-warni dari kertas minyak, yang paling asik mainnya dipinggir pantai, banyak angin sehingga ekor layangan berlenggok-lenggok bak ular.

 
Main karet gelang paling tidak ada tiga macam yang biasa kami lakukan. Pertama, karet gelang masing-masing peserta ditumpuk di ujung anak tangga masjid yang paling bawah, sebelum dimulai kami sudah menyiapkan karet gelang yang sudah disambung-sambung sebagai alat tembakan.

Lalu peserta diundi, yang mendapat urutan pertama berdiri diujung lain anak tangga dan menembak karet yang sudah ditumpuk tadi, kalau karet jatuh dari anak tangga maka karet yang jatuh menjadi miliknya. Kalau masih ada karet yang belum jatuh, maka peserta berikutnya mendapat giliran, begitu seterusnya sampai karet jatuh semua. Permainan karet yang kedua, karet peserta disebar, kemudian kira-kira dua atau tiga meter dari karet tadi dibuat garis batas untuk melempar karet gelang gacoan, karet gelang yang disebar yang masuk atau bersinggungan dengan karet gacoan menjadi milik peserta yang melempar.

Karet gacoan harus dipilih yang tebal agar mudah diarahkan dan yang besar lingkarannya agar banyak karet yang masuk, supaya lebih berat dan besar karet gacoan direndam dalam minyak tanah .... he he. Yang ketiga, karet peserta dikumpulkan, peserta diundi, yang mendapat kesempatan melemparkan karet keatas lalu harus ditangkap dengan jari telunjuk saja, yang masuk jari telunjuk menjadi miliknya, sampai sekarang saya belum tahu rahasia membuat jari telunjuk menjadi panjang dan runcing ...... hmm.
 
 
Kelereng atau stal ada yang dari beling warna warni, ada yang dari besi biasanya dapat dari bengkel bekas laher, berat dan mengkilap, dan ada yang dari batu. Saya suka yang dari batu, gratis, mencarinya di pinggir pantai, batu-batu yang didorong dan ditarik oleh gelombang lama kelamaan menjadi bulat, jenis batu dan warnanya bermacam-macam, licin dan mengkilap.

Komentar dari Facebook.
Abang Dachyar Ayar, 01-Maret-2010.

Main Setal...ingat masa kecil, untuk main satal kami hrs mencari setal dr lager [bearing] bekas..biasanya kami suka dibawakan ayah dr bengkel TTB atau mencari sendiri di belakang Tangsi Polisi Mentok...ada banyak bangkai kendaraan berat seperti glader, tank dan mobil2 tua. untuk mendapatkan setal kami butuh waktu sangat lama, karena hrs menggali tanah dengan kedalaman 1m atau 2 m setelah itu baru proses mencongkel setal didalam rumahnya, belum lagi kami hrs waspada dengan penjagaan di Tangsi, krn kalo' ketahuan kami akan dikejar dan ditangkap [dasar nginge].

 

Main setal besi bisa sampai 3 atau 4 orang teman, kami akan membuat 3 lobang yg masing2 berjarak dua langkah besar.besar lubang disesuaikan dengan besarnya setal. Dalam permainan ini ada cara hitungan nya dengan istilah JIB 1, JIB 2 SAMPAI ADA NILAI GAMENYA [hitungannye lah lopa]. Yang kalah akan mendapat hukuman yaitu meletakkan tangan di sisi lubang paling ujung dan para pemenang akan melakukan tembakan dengan setal tadi kebeluku ponggong jari kite [bise dibayangken lah saketnye]. ni lah sepintas cerite maen setal , mungkin ade kawan2 yg age engat hitungan nye.
Komentar lain mengenai Setal dan Gasing ada disini
.


Gasing
terbuat dari kayu dan bentuknya mirip jantung pisang, dibagian tangkainya disisakan sedikit untuk melilitkan tali rami, tali dililitkan terus sampai menutupi bagian atas gasing, lalu gasing dibanting, teknik bantingan harus benar agar gasing berputar. Gasing diadu yang paling lama berputarnya atau benar benar diadu gasingnya, peserta pertama melempar gasing, beserta kedua harus membidik dan melempar gasing yang sedang berputar tadi, kadangkala gasing pertama bisa pecah atau paling sedikit gompal.

gasing
gasing
gasing
Oleh-oleh Gasing dari Piyai yang dibawa kakak Farida waktu pulang ke Muntok December 2008

Waktu masih kecil dulu kami membuat gasing dari kayu pelawan, ditakik pakai parang, kemudian dihaluskan dengan kulit ikan pari kering. Kayu pelawan termasuk kayu yang keras dan berserat halus, cocok untuk bahan membuat gasing, kalau sudah di haluskan menjadi licin dan mengkilap sehingga tidak perlu di fernis, agar lebih kuat gasing yang sudah jadi dapat direndam di air kapur dan warnanya yang tadinya coklat berubah menjadi hitam.

Lebih bagus lagi buat gasing dari kayu Mentigi, kayu mentigi banyak tumbuh dipinggir pantai, daunnya bulat kecil-kecil dan kulit batangnya agak tebal, sekarang banyak dicari untuk buat pohon bonsai.

Sekarang pengrajin gasing membuat gasing dengan menggunakan mesin bubut.

Batang Mentigi. Picture taken by Safri Ishak, March 2010.
 
gasing

Adu buah kumbik atau kemiri caranya, dua buah kemiri ditumpuk lalu dipukul pakai batu, pemilik buah kemiri yang diatas yang memukulkan batu, sehingga memukulnya harus dengan perhitungan, karena pemenangnya adalah pemilik buah kemiri yagn masih utuh, kalau kedua kemiri hancur maka yang kalah adalah peserta yang memukul.

 
Ada musim ikan tempalak, mirip ikan cupang tetapi badannya jauh lebih besar, ikan tempalak juga di adu. Kami menjaring atau memancing ikan tempalak di anak sungai dekat rumah dan kadang-kadang di sumur dekat mesjid. Tempalak yang dinilai bagus adalah yang badannya berwarna mengkilap kehitaman dan sirip bercampur warna kebiruan. Ikan tempalak dipisah dalam botol dan diatara botol disekat dengan kertas karton, apabila karton diambil, maka ikan akan saling berhadapan dan mengembangkan siripnya serta mulutnya siap untuk menerkam lawan.

Komentar Ikan Tempalak di FB:
27-February-2010.

http://www.facebook.com/photo.php?pid=3564174&id=676562332
Rudi Fitrianto
Bang Safri, dak pernah Rudi mancing ekan sebesak tu (nengok e jak lah takot ape agek megang e..). Kalo mancing ekan tempalak pernahlah, umpan pakai cacing yg diekat dibenang jaet tros ekat di lidi kelape yg dilelet tige, biar lentur waktu narek kalo ekan tempalak makan umpan tu. Mancing tempalak dak boleh pakai mate pancing karena molot e rosak / koyak. Bacol jadi e ekan tempalak tu kalo molot e lah koyak.
Safri Ishak
Bang Rudi, sangke kami abang yang lagek mancing ..... he he
Teknik mancing ekan tempala, bagus tu bang, jadi engat waktu mancing tempala diperigi mesjid jamik, Insya Allah nak kami masokkan kedalam kesah kami waktu kecik .... teremak kaseh bang.
Abang Dachyar Ayan
Bang Rudi tu mancing tempala' di bawah kaki gunung menumbing, tapi lah dapat seko' die dak bise polang....sesat, karena sejan-jalan -jalan cume ninjau ekan dikampel plastik.
Safri Ishak
Abang Taufik, ati ati mancat batang serok, getah e gatal seminggu dak elang, manjat batang pelawan jak, aman .... he he
Kabar e di menumbing tu ade babi ruse, dikate babi tapi ade tandok e, dikate ruse tapi badan e macam babi, yang benar bai ape ruse .....
Rudi Fitrianto
Di kaki gn Menumbing tu dulu ade tempat penampungan air minum yg disalurken ke tempat pengolahan di Kampung Jawe dekat romah kami kecik dulu, baru disalurkan ke rumah2 PN Timah. Dekat situ tempat mancing ekan tempalak yang bagus. Aek dak campur sabun dan ekan e dak pernah makan makanan ekan belokoh yg macam di sungai ulu tu..
Abang Taswari Zulkifli
Ikan tempala tu merep ikan cupang, cumen ukurannye bise 5 s/d 10 kali lebeh besa'. Yang bagus mampu besabong be-jam2, kadang serep dan eko' lah buntung, kepale lah tokak tetap dak nak ngalah. Tiap tempat punye kelebehan masing2, warnepun macam2. Ade yg suke nyesek (ngelepasken sesek) lawan, ade yg suke ngunggis kepale, ade pula yg ahli netel serep ... n butut lawan. Paksu Abu Hurairah salah satu kampiun ikan tempala. Bagus ok kalo kite budidayeken, tekenyerlah ngajak belau tu budidayeken ikan yg mungkin lah langka tu.
Abang Taufik
ye pak safri, batang serok memang gatal, yg lebeh parah lagek batang rengas, cume klo kenak gatal rengas ni jangan pakai remason, dan dak perlu disuntik same dokter, cukup pucuk duren yang muda, di remas2 atau ditombok, lah hancur baru di balurken ke badan kite yg gatal2 tu, InsyaAllah cepat baek nye....
Abang Taswari Zulkifli
Betol tu, pocok dian tu bagus juga ontok nelangken gatal buah belolok.


Sekali sekali ada pengepul ke kampung kami untuk membeli beling dan besi bekas, saya dan adik serta kawan kawan keliling kampung, ngorek ngorek beling dan besi bekas, entah mengapa walaupun hasilnya tidak sebanding dengan usaha kami, tapi kami sangat senang saat menerima uang hasil jual beling tersebut.
Kalau ada tukang obat keliling, saya juga suka ambil bagian, walupun bagian disuruh-suruh, trik yang biasa dilakukan tukang obat keliling antara lain gelas diisi air, kemudian dimasukkan cairan berwarna biru seakan akan badan kita ada kuman, kemudian tukang obat memasukkan obat jualannya kedalam gelas tadi dan sim salabim air di dalam gelas berubah warnanya menjadi merah. Jaman itu saya dan juga penonton terkagum-kagum, sesudah sekolah SMA baru saya paham mengapa air yang berwarna biru bisa berubah menjadi berwarna merah.

Ada juga kegiatan yang berhubungan dengan laut, misalnya musim ikan bilis, musim ikan tongkol. Musim ikan bilis atau ikan teri sangat seru, menjelang nelayan kembali dari melaut, kami ramai ramai kepinggir pantai menunggu sampai sampan merapat. Sampan penuh beisi bilis, bilis langsung dijual ditempat per sumpit (tas dari ayaman daun pandan) atau per blek kaleng minyak makan, nah waktu mengangkat bilis, banyak yang tercecer di pantai, ini bagian kami, berebut, juga sisa sisa bilis di sampan. Hasilnya digabung dengan bilis yang mak beli. Bilis dibuat empek empek, dipepes, digoreng, dimasak pedas atau hip dan dibuat pedak alias rusip.

Empek Empek TB512
source

source

source

Mula mula bilis dibilas, kemudian kepala dan isi perutya dicabut.
Untuk membuat empek empek, bilis digiling, dibuat adonan dengan tepung kanji, dibentuk jadi lenjeran lalu direbus, kalau empek empek sudah mengambang berarti sudah masak. Empek empek bilis warnanya agak hitam, tapi rasanya gurih, kalau sudah agak dingin kami makan pakai kuah cuka. Ayah paling suka empek empek yang tengahnya setengah matang, biasanya mak membuat adonannya agak keras sedikit. Kalau mak buatnya banyak, empek empek diiris-iris lalu di jemur jadi kerupuk, setelah kering digoreng, rasa ikannya terasa sekali.


source
 
Yang unik pedak atau rusip kata wong pelembang, rusip Muntok sangat terkenal di Palembang. Ikan bilis yang sudah bersih dicampur dan diaduk dengan garam dan gula aren (seingat saya begitu, kakak saya Farida pandai membuat rusip), lalu dimasukkan mak kedalam botol, disumbat dengan gabus dan disegel pakai lilin. Membuat pedak mirip membuat tape singkong, kalau tidak bersih tidak bakalan jadi. Sekitar dua tiga minggu daging ikan mencair seperti kecap, tinggal tambah cabe rawit dan perasan limau calong, dicocol sama ikan bakar atau lalap pepaya muda rebus, hmmm mertua lewat tak nampak. Pedak dapat disimpan berbulan-bulan, pedak sering juga dimasak dulu sebelum dijadikan sambal, pedak dicampur macam-macam bumbu dapur lalu ditumis, nah pedak model ini lebih manusiawi buat yang baru sekali mencicipi rusip.


Kalau lagi musim, ikan tongkol harganya murah, dibuat dendeng agar bisa lama disimpan, daging tongkol diiris tipis, diberi garam, gula dan ketumbar, lalu dijemur, biasanya kami diminta mak untuk menjaga dendeng yang lagi dijemur takut dimakan kucing. Sebetulnya lebih enak lagi jaga jemuran potongan empek empek buat kerupuk, sambil jaga sambil makan kerupuk setengah kering, enak, pagar makan tanaman.

Kami punya kebun di kampung baru, di kebun ada pohon durian, manggis, petai, jambu air, rambai, sokak alias melinjo, pisang, cempedak, rambutan, rukam, nenas, ubi kayu etc. Ayah membuat okulasi pohon rambutan dan pohon petai, kata adik saya Erman sebagian besar pohon di kebun masih ada sampai sekarang. Sekarang saya sadar bahwa menanam pohon adalah perbuatan mulia, kita tanam dari bibit yang masih kecil, tumbuh dan berbuah, tanpa terasa, lalu tumbuhan dinikmati beragam mahluk hidup, cacing, semut, rayap, serangga lainnya, burung, manusia ditambah lagi dengan oksigen yang dihasilkan, tempat berteduh etc. etc. Sampai Ayah meninggal dunia, sebagian pohon yang ditanam Ayah masih ada, mudah-mudahan menjadi amal jariah.


source wikipedia
 
Musim rambutan, selain di kebun, kami juga punya pohon rambutan di halaman rumah, rambutan rapiah dan yang unik rambutan masam, buahnya banyak dalam satu tangkai, sebetulnya rasanya manis tidak masam tapi tidak ngelotok, memakannya ditelan berikut bijinya. Mak punya menu khusus di musim rambutan masam berbuah, rambutan dikupas kemudian daging rambutan berikut bijinya di gulai dengan udang atau ikan tenggiri atau ikan parang, sedaaaap, gulai terasa asam manisnya dan karena sudah dimasak daging buah rambutan dapat dipisah dari bijinya.

Nah kalau musim jambu bol lain lagi, sebelum berbuah, waktu masih bebungapun sudah asik, kuntum bunga alias bunga yang belum mekar, kami pakai buat peluru sombol. Sombol dibuat dari bambu pagar, terdiri atas dua bagian, bagian badan atau laras dari ruas bambu yang dipotong kedua ujungnya, bagian pendorong dibuat dari ruas bambu yang lebih kecil dan ukurannya lebih pendek dari bagian laras.

Mula-mula kuntum bunga jambu bol dipasang dibagian bawah laras, lalu didorong sampai kebagian atas laras. Kemudian pasang lagi kuntum bunga dibagian bawah, lalu dorong kuat-kuat, akibat tekanan udara yang dimampatkan, kuntum bunga yang pertama tadi terdorong keluar sambil mengeluarkan bunyi mirip letusan. Jadi lah main perang-perangan pakai sombol. Kalau bunga sudah mekar, banyak kumbang yang datang, begitu pula burung madu, burung madu paruh dan lidahnya panjang untuk menghisap madu. Waktu itu kami sering mem-betet atau meng-katepel burung, betet gagangnya dibuat dari cabang kayu berbentuk huruf "Y", lalu dipasang guntingan karet ban dalam sepeda, diberi batu, ditarik, dilepas dan batu meluncur menuju sasaran.

source wikipedia
Sombol Komentar FB: Ilham Ibrahim February 2010
Boloh ade dak bang nak buat sombol tu, man kami duluk dak bunge jambu dgn kertas dibasah pun jadi maen perang2, man kite agek kecik duluk macam2 pemaen e dan gratis pula tinggal buat nak maen ape, man kanak sekarang maen e haros beli, dakde kreatip kanak sekarang ye dak bang.

Dachyar Ayan
macam2 pelor sombol 1. bunge jambu 2. potek soka 3. kertas koran yg dibasahken .
Jenis boloh untuk buat sombol ialah boloh pagar,dan bagian tengah yg masok pelaju sombol dibuat dr boloh betong yg diraut yg mane bagian ojong ee ditetek sikit biar kalo' dimasokken bise hampa udare.
Sasaran tembak sombol : kening se Am dan Nono dan cicak. syarat maen perang2 dgn sombol dak boleh nelek mate. Bang Saf, jangan lopa masuken catatan eka' ok

Betet Komentar FB: Safri Ishak Bang Dachyar kite mBETET yook ....... duluk kami galak ngambek cabang batang sawe dimuke romah mang kecap, kayu sawe paleng bagus ontok buat betet, dikeker pakai buntut ekan parek, dikekes pakai beleng terus digosok pakai daun pisang kereng ..... mengkelap macam di dipeletor ....
Kami agek buat betet dari dahan sawe kecik ontok cucu ....... he he

Dachyar Ayan
benar sekali kalo' kite buat betet pasti pakai dahan batang sawe, karet betet pakai ban dalam mobel [minta same Asam yg soper mobel dw yg besak tu] dan untok magesin ee lidah sepatu ayah kite.....hehehheeee

Safri Ishak
Bang Dachyar yang paleng mantap tu .... lidah sepatu bal .... men ayah tau kenak tegik kite pakai sepatu tu ..... he he

Dachyar Ayan
mon dulu gitu lah seni ee, sengajak biar disembat same ayah hahahahaaa


Kalau jambu bol sudah berbuah, saya suka mencari buah yang bantat yaitu buah yang kerdil, tampuknya hijau dan bagian buahnya berwarna merah tua kalau sudah masak, tidak berbiji, garing dan manis rasanya, beda dengan buah jambu bol biasa yang banyak air dan tidak crispy.

Lain lagi jambu kemang, batang, daun dan bunganya mirip jambu bol, tapi buahnya berbentuk botol dan lebih besar daripada jambu bol, kalau sudah masak putih warnanya. Batangnya relative lebih tinggi dan lebih besar, biasanya kami mencari buah jambu yang jatuh dari pohon, rasa buahnya asam-asam manis, dicocol pakai kecap, hmmm ba titiak air liur, ngiler dan pengen jadinya. Bisa juga dibuat rujak serut, dicampur serutan mangga, irisan nenas dan buah buni.

 

source

source
 
Yang lucu, kalau ingat buah rambai, rambai biasanya berbuah waktu bulan puasa, kalau sudah musim kami ke kebun memetik rambai. Kami jalan kaki ke kebun, sampai di kebun terus manjat pohon rambai, pilih-pilih buah yang masak, ngobrol dan berlomba memutuskan urat buah rambai tapi buah tidak boleh pecah. Caranya, kulit luar rambai dikupas, ambil salah satu belahan buah rambai, diputar-putar dengan ibu jari dan jari telunjuk, nanti kelihatan urat buah, urat buah dengan hati-hati dipencet dan diputuskan dengan kuku ibu jari dan kuku jari telunjuk, harus hati-hati agar buah tida pecah. Kalau uratnya sudah putus, apakah buah masih utuh atau pecah, langsung masuk mulut, ditelan sama biji-bijinya. Lah kan lagi puasa, batal apa ndak ya.
Kegiatan rutin kekebun adalah mengambil daun pisang untuk alas laksa, mengambil jantung pisang buat sayur dan memetik buah nenas, kadang-kadang dimakan langsung pakai garam cabe atau dibawa pulang buat rujak atau gulai nenas pakai udang, ikan tenggiri, kakap atau ikan parang. (Masakan Melayu Eidah's recipes).
 
Musim sokak atau melinjo merupakan musim ramai-ramai kekebun, Ayah yang manjat pohon melinjo, kemudian dengan galah buah melinjo yang sudah masak ditebak alias dipukul, kami dibawah, Mak kakak dan adik-adik, memungut buah yang jatuh. Sampai dirumah kulit buah melinjo dikupas, caranya kulit buah diiris memanjang mengelilingi buah, lalu kulit dilepas kemudian dimasak Tumis Kulit Melinjo. Biji melinjo disangrai dengan pasir panas, kalau sudah masak dimasukkan kedalam pincuk daun melinjo dan dijual di bioskop Strand dekat pantai. Kadang-kadang melinjo dibuat emping, biasanya Mak membuat emping yang agak tebal, dijemur dan nantinya dibuat kolak melinjo, paling asik buat berbuka puasa.
 

  Yang saya tunggu-tunggu adalah saat Mak menumis kulit buah melinjo, bawang merahnya yang banyak dan biasanya dicampur udang basah dan irisan cabe rawit, enak sekali.

Resep Tumis Kulit Melinjo


 
Musim melinjo di kampung juga merupakan musim burung pergam, burung pergam mirip burung punai, tetapi ukuran badannya hampir tiga kali burung punai. Burung pergam suka sekali makan buah melinjo, buah melinjo yang masak ditelan bulat-bulat, bayangkan saja, pastinya burung tersebut relative besar. Padahal yang dimakan hanya kulit buahnya saja, karena biji melinjo akan keluar lagi bersama sisa makanan yang lain. Burung pergam yang tertangkap, biasanya digetah, dulu banyak dijual di pasar, burung pergam diberi makan nasi, nasi hangat dikepal-kepal sebesar buah melinjo lalu disuapkan kemulut burung pergam. Burung pergam akan cepat gemuk kalau diberi makan nasi.

Kemunting atau karamunting adalah tumbuhan perdu liar yang banyak tumbuh di tanah yang berpasir tetapi bukan dipinggir pantai. Disemak belukar dekat kebun sayur Ayah, banyak tumbuh pohon kemunting, kami juga suka mencari kemunting di sekitar bekas lapangan terbang peninggalan Jepang. Bunga kemunting berwarna ungu, buahnya mula-mula berwarna hijau, kemerah-merahan dan berubah berwana ungu kehitam-hitaman kalau sudah masak.
Daging buah manis dan banyak bijinya kecil-kecil. Buah kemunting yang sudah dikumpulkan dimasukkan kedalam pincuk daun simpur dan biasa dijual di pasar. Kalau lagi musim kadang-kadang Mak membuat selai kemunting, tampuk buah dibuang, daging buah disaring sehingga terpisah dari biji, ditambah air dan gula secukupnya, dimasak, setelah agak kental jadilah selai kemunting, mirip selai strawberry gitu.
Burung murbah dan punai suka buah kemunting dan punai suka bersarang dan bertelur di pohon kemunting.

source

source

Burung Punai Pemikat, Kampung Beloh, Mentok.

Burung Punai Jantan.
Picture taken by Safri Ishak, March 2010.
Desa Beloh Laut, Mentok Bangka.

Kami sering menjerat punai, Ayah yang merajut jerat, berbentuk kerucut, jerat dipasang diatas sarang punai, bagian bawah jerat dipasang benang klos kira-kira sepuluh sampai dua puluh meter menjauhi sarang. Tunggu burung punai kembali kesarang, tarik benang dan burung akan terperangkap didalam jerat.

Dikebun kami ada beberapa pokok durian, ada si Bujang, si Buluh dan si Manggis. Memang pohon diberi nama, si bujang masih muda dan baru beberapa kali berbuah, si buluh tumbuh dekat rumpun buluh alias bambu, si manggis dekat pokok manggis.


source wikipedia

 
Kalau lagi musim durian kami keliling kebun memungut buah durian jatuh, daun kering dibawah pohon sengaja tidak dibersihkan agar durian jatuh tidak langsung kena tanah. Di kampung kami durian tidak pernah dipetik, tapi durian jatuhan, durian sudah masak dan ranum, daging buah empuk kalau dimakan terasa ada gasnya. Suatu kali saya diajak Ayah menunggu durian, lepas isya kami pergi ke kebun, kami tidur di pondok. Kata Ayah biasanya durian jatuh pagi-pagi sebelum masuk waktu subuh, apalagi kalau ada hujan rintik-rintik. Tidur di pondok walaupun sudah menyalakan api unggun, tetap saja dingin dan banyak nyamuk tapi akhirnya tertidur juga.


Ketika bangun pagi-pagi durian sudah terkumpul, rupanya sudah dipungut sama Ayah, niat mau menunggu durian jatuh, eeh jadinya hanya pindah tidur di kebun. Durian dibawa pulang pakai kereta angin, dikupas sama Ayah, lalu kami adik beradik asik makan durian. Ayah dan Mak senyum-senyum saja melihat kami sambil terus mengupas durian. Setelah punya anak, saya baru dapat merasakan enaknya mengupas durian sambil melihat anak-anak kami makan durian.

Hampir bersamaan dengan musim melinjo ada musim manggis, dikebun ada dua pohon manggis, satu didepan dekat pokok sokak dan satu lagi dibelakang dekat pohon durian. Dua-duanya rindang terutama yang didepan, umurnya sudah tua, konon kata Ayah sejak jaman moyang sudah ada.

Buah manggis terletak diujung tajuk daun waktu buah masak tidak serentak, asik juga karena memetik manggis bisa diangsur. Buah manggis muda berwarna hijau, lalu brangsur-angsur merah dan kemudian menjadi hitam, hitam hitam si buah manggis walaupun hitam isinya manis. Saya suka yang masih berwarna merah, daging buahnya masih garing dan bijinya belum sempurna, daging buahnya manis dan garing, asalkan buah dipetik langsung dan tidak jatuh. Buah manggis kalau jatuh isi buah bagian yang kena tanah akan bergetah, rasanya pahit dan kulit buah membatu, menjadi keras seperti batu. Makanya kalau memilih buah manggis, pilih buah yang mulus lalu dipenyet pelan-pelan, pilih mangis yang kulitnya lembut dan tidak membatu. Memetik buah manggis dengan cara memanjat pohonnya, kalau buah bisa dijangkau langsung dipetik, kalau jauh diujung ranting, bergantung di dahan lalu adik dibawah menjangkau dan memetik buah. Kami jarang menjolok manggis, kalaupun terpaksa, buah yang dijolok harus ditangkap, seandainya ada yang jatuh ke tanah langsung dimakan daripada membatu kan sayang.
 

Hampir sama dengan ditempat lain, buah manggis dibuat main tebak-tebakan isi manggis, kami juga suka membuat cupu dari kulit manggis. Kulit manggis diiris denan pisau lipat, irisan zikzak seperti mata geraji dari ujung ketemu ujung, bagian tampuk diangkat, maka isi buah ikut terangkat, isi buah dimakan, kulit buah dijemur sampai kering dan keras, kalau ditangkupkan akan menjadi cupu tempat menyimpan barang-barang kecil.


source
 
Rukam pokok perdu berduri batangnya, di kebun kami juga ada rukam, sudah langka, buah yang sudah masak dapat dimakan langsung atau dibuat rujak. Sejak saya merantau belum pernah lihat lagi pohon dan buah rukam. Pohon rukam kami termasuk rukam berbuah besar, rasanya agak sepat, asam manis, ada jenis rukam dengan buah yang lebih kecil, rasanya manis.
Berikut kutipan dari Arkian Damaris Oei: bentuk buah rukam bulat dan berwarna hijau dikala muda, kalau sudah matang berubah menjadi merah-terang sampai merah-gelap, buah rukam mungkin satu kaum dengan buah lobi-lobi. Anehnya, supaya terasa manis, kalau mau dimakan buah yang sudah masak harus digenyel-genyel dulu kalau tidak akan terasa asam. Keterangan buah buahan di Bangka dapat dilihat di kotabelinyu.

Dikampung kami Mentok, hasil ikan laut melimpah dan jenisnya bermacam-macam, sehingga menu sehari-hari hampir selalu terbuat dari ikan, udang, rajungan, kerang, lokan, siput gong-gong, wak-wak, remis, teritip dan lain-lain. Jarang sekali makan sayur seperti sawi, kol wortel, kangkung dan bayam, paling-paling daun melinjo, nangka muda, pakis, sayur nenas dan sayur keladi.

Apalagi daging sapi hanya ada pada waktu hari raya Idul Fitri itupun kalau beli karena harga daging mahal sehingga biasanya kami menyembelih ayam dan itik serati (entok) piaraan kami. Selain hari raya, menyembelih ayam kalau lagi musim ayam sakit, bagi kami musim ayam sakit ada hikmahnya juga ..... he he. Seperti lazimnya memelihara ayam, ada kandang ayam, tempat bertengger ayam tidur, tempat ayam bertelur dan sekalian tempat ayam mengeram. Itik serati tidak tidur didalam kandang tapi dibuatkan kotak dari papan dan dibuat pintu dari bilah papan untuk keluar masuk itik dan untuk mengurung itik. Itik serati kami kalau telurnya sering diambil akan membuat sarang dirumpun nenas dekat rumah, kadang-kadang itik lama tidak kelihatan, tahu-tahu pulang sudah bawa anak itik, untung mereka masih ingat kandangnya.
 

source

source
 
Ayah pandai membuat mesin penetas telur ayam dan telur itik, dibuat dari kotak papan dan triplek, ada rak tempat meletakkan telur, ada thermostat untuk mengontrol suhu mesin penetas, kalau suhu turun maka lampu menyala untuk memanaskan udara didalam mesin penetas dan sebaliknya kalau terlalu panas maka lampu padam. Pada waktu tertentu telur dibalik pada sisi yang berbeda dan penempatan rak telur digilir yang tadinya di atas ditarok di bawah, agar telur mendapat panas secara merata..
Sepuluh hari setelah telur dimasukkan kedalam mesin penetas, telur diteropong dengan lampu, telur yang ada bibitnya akan terlihat bintik merah dan ada alur darah seperti akar keluar dari bintik merah tadi, sedangkan telur yang tidak jadi akan berwarna terang dan dipisah buat dimasak. Khusus untuk telur itik, sesekali harus dilap dengan lap basah, biar kenal sama air kali ..... he he. Kalau sudah tiba waktunya menetas, anak ayam atau itik melubangi kulit telur dari dalam, subhanallah, diujung paruh anak ayam atau itik tadi ada tulang kecil mirip tanduk untuk melubangi kulit telur yang nantinya tulang tersebut akan hilang sendiri.
Setelah menetas anak ayam dan anak itik dititipkan kepada induk ayam atau itik yang sedang mengeram. Kadang-kadang kalau terpaksa anak ayam dititipkan kepada itik, induk itik bingung karena anaknya tidak mau diajak mandi, sebaliknya kalau anak itik dititipkan kepada induk ayam, si induk juga bingung melihat anaknya berenang. Walaupun demikian, barangkalai karena naluri ke-induk-an induk-induk tadi sayang kepada anak-anaknya, diberi makan, dijaga, dan waktu tidur atau cuaca dingin, anak-anaknya berlindung dibawah badan sang induk.

Di kampung kami ada rumah potong hewan, kami menyebutnya rumah jagal, lokasinya dekat muara sungai sehingga darah dan kotoran sapi yang disembelih langsung dibuang ke muara sungai. Rumah jagal hanya digunakan setahun sekali menjelang hari raya, sapi dipotong sesudah magrib agar besoknya bisa langsung dijual ke pasar tanpa perlu di es. Petang hari bersama kawan-kawan, kami ke rumah jagal, kami memanjat dan duduk diatas dinding rumah jagal menonton petugas menyembelih sapi.


source
 
Hari Raya merupakan hari spesial untuk kami kakak beradik, karena dibelikan baju baru, celana baru, sepatu baru, kemudian foto bersama di studio foto, pulangnya sepatu dijinjit karena kaki melepuh kena sepatu baru. Banyak makanan di rumah, kemudian berkunjung ke rumah tetangga dan sanak famili dan tentunya dapat uang hari raya. Mak masak ketupat, gulai kuning ayam dan itik, kami suka berebut minta tunggitnya. Mak buat kue rentak sagu, roti nenas, kue sepit, kue satu, kacang goreng lepas kulit dan aneka kue kering lainnya.

Daun ketupat diambil dari kebun, ketupat dianyam beramai-ramai, Mak yang mengisi beras dan kami gantian menjaga agar air rebusan ketupat tidak kering. Mak yang mengajar kami membuat ketupat, saya sempat nguping waktu Mak ngobrol sama saudaranya, dulu Mak yang mengajar Ayah menganyam ketupat, padahal sebenarnya Ayah sudah pandai, akal Ayah saja agar tangan Ayah dipegang sama Mak.

Catatan From: Imran Sent: Wednesday, April 15, 2009 8:51:52 AM
Subject: kenangan masa kecil
Ass.Wr.Wb

Abang kami kalok nak lebaran suke buatken kami adeknye yang 3 orang laki-laki ketupat "kerbau", bentuknya seperti hewan tersebut cume kecik. Kate Mak Yak Jaw, abang kami belajar dari ayahnye bang Safri.


Catatan Titien Rasimun 01-APR-2009
Teruntuk : Bang Safri
Bulan puasee.., maen meriam.., peluru ee kaleng bekas..., pernah lah ade kepale kawan yang ketembak ..bocorrr. ., di jahit,, besok ee maen agekk..

Pernah ngalamin dak, besok ee lebaran.., hari ni.., semue masak ketupat di halaman rumah pakek kayu.., ketupat 500 biji dimasak kedalam drum..., lebaran kite 7 hari..rame terus..

Kami suke nunggu ibu kami masak kue rentak sampe bekaleng-kaleng. .

kenangan demi kenangan terpancing berkelebat setelah bace kesah bang Safri...
Ditunggu kesah-kesah e yang laen..

Salam Takzim Titien Rasimun

Catatan ina larizz 02-APR-2009
ak titin...
kalo inget lebaran, paling seru sehari sebelum e...

di hari tu sibuuuuuuuuuk. ...
giling bumbu...dari yang lembut macam cabe', sampai yang keras acem lengkuas.... sampai yang bikin nangis seperti bawang..huhuhu. ..

adek ina yang nomer 2, kebagian ngocek kelape..
soal e, kadang di hari sibuk2 tu, ayah lom dateng...jadi, jatah die ngocek kelape...ina dak bise..hahahaha. .. nanti, meres santen e baru bagian ina...

kalo abis kelape diperes, ampas e tu dak dibuang..disimpen dulu.

men lah sudah masak segale-gale. ..haaa... giliran ina agik beraksi...gosok lantai dengen ampas kelape tu...supaye kinclong, siap nyambut tamu....harus bener2 digosok, men dak, dak mengkilat... tros abis tu, disapu bersih-bersih, mendaknya, semut merajalela.. ..

jaman kuliah, ape agik pas pulang e naek kapal sirimau yang jadwal e dak menentu tu..
bise jadi pulang pas tengah hari orang masak-masak. .

same mamak, karna ina dak bantu-bantu masak, dijatahin cat...jadi, dak masak, disoroh ngecat rumah..hahahaha. ..
nasib beradek puan smue, hehehe...adek ina yang cowok beda e 19 taon same ina..jd tau lah sendiri...hehehehe.
************ *******
salam hangat
-ina-

 
Selain hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha ada lagi hari besar lain yang ramai dirayakan yaitu Imlek, di kampung kami Kelenteng bersebelahan dengan Masjid Jamik hanya dipisah oleh jalan kecil (kawasan tangga seribu).
Ada kebiasaan saling tukar kueh atau ketupat, pada malam takbiran Hari Raya Idul Fitri saya diminta oleh tetangga kami untuk mengantarkan ketupat dan kue kue kepada relasi dan kerabat Tionghua, biasanya oleh yang punya rumah saya diberi Angpau..

Sebaliknya pada waktu Imlek tetangga saya dikirim kue kue utamanya Kue Keranjang dan biasanya kami juga dibagi oleh tetangga kami tadi.

Ada juga sembahyang Rebut: seengat kami abis magreb kami ramai ramai ke kelenteng, tempat menyoson makanan dan barang barang ontok berebut ade di pekarangan dalam, banyak lelen, dupe dll.
pas waktu berebut reoh rendah suasane e


Komentar FB:
Silik Firdaus February 2010
saye coba berbagi tapi mungkin cerite ni dak sempurne: perayaan dlm tradisi tionghoa yg terbesar adalah cengbeng baru tahun baru imlek dan sembahyang rebut kalau di urutkan...
S sembayang rebut dalam dialek hakka(etnis cina yg banyak di babel,dan pontianak) bilangnya CHIONG dlm istilah hokkian mreka bilang CIO KO arti harfiahnya Menjarah dari Altar ini di mulai tanggal 1 bulan ketujuh almanak china.
Puncak perayaan di tgl 15...tl 1 bln 7 adalah awal musim gugur..konon alam mati dan pintu dunia bawah dibuka. Selama bulan tsb roh2 dibebaskan dari hukuman. Roh-roh yg ditelantarkan roh yg lapar tanpa keturunan, tanpa busana.. berjejal ingin keluar dari neraka mencari kebebasan utk nutupi rasa malunya dan mencari makan. hari itu org cina sembayang di muka rumah mereka agar pintu dunia bawah terbuka... sehingga di kelenteng pun penuh dengan hantaran dari warga mereka utk dipersembahkan.... hari itu dipasang lampion burung bangau pakai sebatang bambu yg tinggi.. juga pesawat kapal laut yg terbuat dari kerta dan tak lupa sesosok jin yg besar hehe... masyarkat tionghoa pemujaannya penuh dengan hirarki seblum sampai ke THIAN (Tuhan tertinggi mereka).
S setelah jam 12 malam maka semua kapal2 juga pesawat mobil2an yg dari kertas juga termasuk jin yg terbuat dari kertas di bakar tidak boleh tertinggal (sial buat mereka sampai ada yg bersisa) dan semua hasil bumi yg ada direbutkan... (hal ini juga mencontohkan spt inilah watak manusia yg bila tidak didasarkan budi pekerti akan penuh keserakahan...ini dalam pemahaman org tionghoa).... namun sekarang panitia rebut di mentok itu lebih bagus semue bahan2 makanan mentah hasil bumi dan beras dikumpulkan dan dibagi2kan ke panti asuhan.....


Ayah dan Mak saya beserta kami anak-anak kandung beliau sebanyak delapan orang merantau ke Jakarta dari Mentok Bangka pada tahun 1961.

Kisah lebih lanjut waktu di Jakarta, silahkan klik disini.

 


Beli Makanan dan Snack Khas Bangka

source

Terasi Bangka Sangrai, Merica, Rusip, Empek Empek

IBU FARIDA: HP 0815 969 1943 TELP (021) 781 0228
Jl Langga Raya No. 44 Rt 009 Rw 002 Lenteng Agung Jakarta Selatan 12610

Untuk pemesanan dapat menghubungi : 021-94013174 atau 0818-0699RIZZ
email ke ina3108@gmail.com
La Rizz Traditional and Modern Cakes
Di Mentok, ada beberapa kue khas turun temurun yang menjadi syarat wajib deretan kue lebaran...

Diantaranya adalah Kue Rintak Sagu dan Roti Nenas...
Cara membuatnya sangat unik, takarannya pun sulit dibuat presisi ....hihihi...karna resepnya selalu ukuran kire-kire ..eheheheheh..

Kalo sudah waktunya Mamak menanak santan dan gula untuk bikin kue ini, hmmmm.... wanginyaaa... gurihnya aroma santan dan gula, berpadu...

Karna Mamak sangat sukaaaaaaa dengan kue ini, kalo bikin buanyaaaaaaaaak sekalian... satu kaleng krupuk jadul itu...bikinnya buat sekalian dimakan di lebaran haji..hehehehe..
Biasanya ina dan adek-adek kalo masih ada kue lain, melirik pun tidak ke kue rintak sagu ini...tapi, kalo kue lain sudah mulai habis atau mulai bosan... maka, rame-rame ngemil rintak sagu yang dicelup ke teh hangat.... nikmaaat.... more


SEJARAH BANGKA www.infobangka.com
BANGKAPOScybermedia www.bangkapos.com
Gerbang Informasi Kepulauan Bangka Belitung


Kisah lengkap, silahkan klik disini.

www.TB512.com was created as facility to learn how to develop a website, TB512property has been developed as a pilot project which consisted of advertising regarding house, shop, townhouse, apartment and land for sale etc. TB512 is a logo of Tebet Barat 5 No 12 South Jakarta, Indonesia 12810 which is the address of my home as well as my virtual office Safri Ishak telephone 021-8296762 or mobile phone 0815 1140 1617.
My BUSINESS Directory
Tebet Business Directory consists of addresses and phone numbers of favorite restaurants, traditional markets, hotels, offices, schools, super markets, malls, automotives, gardens, flowers, cakes, advertising, computers, salons, barber shops, cosmetics, banks, apartments etc.Originally it was compiled for personal purposes and then published to the internet as a gateway to search business directory and websites in Tebet and surrounding area.
 
Indonesian Folklore
http://indonesianfolklore.blogspot.com/
 
Bujang Katak
Folklore from Bangka Belitung
09-MAY-2009

There was an old woman. She lived alone in her hut. She was a poor farmer. She was getting older and getting weaker. She did not have husband but she prayed to god to give her a son. She hoped her son could help her work in the rice field.
“ God, please give me a son. I really want to have a son although he looks like a frog”, prayed the old woman.
God answered her pray. She was pregnant. Later the baby was born. Surprisingly the baby looked like a frog. His head and his skin were like frog’s head and skin. At first, the old woman was sad. However, later on she was grateful to god. She raised her son with great love. The baby grew as a kind man. He was very strong and obedient to his mother. People called him Bujang Katak. Bujang means a young man and Katak means a frog.
Later Bujang Katak was adult. He wanted to get married. However he did not want to marry the girl in his village. He wanted to marry one of the king’s seven daughters’!
He told his plan to his mother. She was sad. She knew that the king would reject his married proposal. But she did not want to see her son sad. And later they arrived at the palace. Bujang Katak told the king about the married proposal.
“ I really appreciate your courage young man. But I can not make any decision. I will ask my seven daughters to give their opinions and decisions”, said the king.
One by one all the seven daughters talked. The first daughter didn’t say good things about Bujang Katak. She insulted him. “You are so ugly. No wonder people call you Bujang Katak. You really look like a frog. I don’t want to have a husband who looks like a frog”, said the first daughter.
The second daughter also said bad things to him. “You are very poor. I don’t want to have a poor husband”. So the other daughters talked bad things about him.
Finally the youngest daughter had her turn to talk. She was the most beautiful and kindest daughter. She didn’t say bad things about him. She accepted Bujang Katak’s married proposal! “I will marry him, Father” said the youngest daughter to the king.
Everybody was surprised. All the elders’ sisters were laughing at her. The king was shocked! He never thought that one of his daughters would marry Bujang Katak. He wanted to cancel the married. So he asked Bujang Katak to do something very difficult.
“ I will let you marry my daughter but you have to build a golden bridge from your house to this palace”, said the king.
Bujang Katak and his mother went home. His mother was very sad and confused.
“ How can you build a golden bridge, Son?” she asked Bujang Katak. “Don’t worry, Mother. I will pray to God to help me”, said Bujang Katak.
Then Bujang Katak prayed days and nights. One night, amazing things happened. His frog’s skin removed from his body. His head also changed. He became a very handsome man. His mother burned the removed skin. Amazingly the skin changed into gold. They had a lot of gold. Slowly they built a bridge using the gold.
Finally the bridge was built from they house to the king’s palace. The youngest daughter was very happy. Her husband was very handsome and also very rich. He had a lot of gold. All her sisters were jealous. They were even more jealous when the king asked Bujang Katak to be the new king.

 
 
Kelingking
Folklore from Bangka Belitung
http://indonesianfolklore.blogspot.com/2008/10/kelingking.html


A long time ago in Bangka Belitung lived a husband and a wife. They were poor and they did not have any children yet. Days and nights they prayed to God. They really wanted to have a child.
“God, please give us a child, even though he is only as big as a little finger,” prayed the husband.
Their dream came true! The wife was pregnant. However they were surprised when they saw the baby. He was so small. He was as big as a little finger.
“You prayed to God to give us a child, although he is as big as a little finger right? Be thankful to God. Let’s love him. How will you name him then?” asked the wife.
“You are right. We have to be grateful. Well, I will name him Kelingking,” said the husband. Kelingking means little finger.
Time passed by and Kelingking did not grow much. His body was still physically small compared to other kids. Though he was so small, Kelingking ate like adults. He ate much food. And that made his parents really worried. They were poor and sometimes they could not eat because they had to give their food to Kelingking.
“I cannot hold it anymore. I want to put Kelingking in the jungle. Let him live there. I think he can survive,” said the father.
In the morning, Kelingking and his father went to the jungle. When they arrived, the father asked Kelingking to cut down a very big tree. When Kelingking was busy cutting down the tree, his father silently went home. The father thought that Kelingking could not cut down the big tree. The father was sure that Kelingking would be lost in the jungle. But he was wrong! In the morning Kelingking suddenly showed up in front of the house. And he brought the big tree also!
“Father, where do you want me to put this big tree?” asked Kelingking. The father was surprised. He asked Kelingking to put the tree in the backyard. Kelingking then went inside the house. As always he ate all the food and that made his father got angry. He then had another idea.
“Kelingking, let’s go to the mountain. I need a big stone from there.” Kelingking was an obedient kid. He followed his father to go to the mountain. When they arrived, his father pointed a big stone. The stone was as big as their house!
“I want you to bring that big stone to our house,” asked the father. When Kelingking was trying to bring the stone, the father immediately ran home. At night, when the father was sleeping , suddenly he heard Kelingking’s voice.“Father, I’m home. Where do you want me to put this big stone?”
This time Kelingking’s father realized his mistake. It was true that Kelingking’s body was small and he ate much food. But he was a nice kid and he had great power. With that power, they could get a job and had a lot of money. The father then apologized to Kelingking. Since then they always worked together. ***

 
Umpit and the Wild Hogs
Folklore from Bangka Belitung
http://indonesianfolklore.blogspot.com/2008/09/umpit-and-wild-hogs.html

 

A long time ago in Bangka, lived a hunter. His name was Umpit.
He was called Umpit because he always went hunting using his blowpipe. The villagers liked him very much. Umpit often hunted the wild hogs. Those animals often destroyed the villagers’ plantation. After Umpit killed the wild hogs, the villagers gave him some money.
Pak Raje was the richest man in the village. Nobody liked him. He was very stingy. He did not like to donate his money. One day he asked Umpit to hunt the wild hogs. Umpit agreed. At night he was prepared and waited at the Pak Raje’s plantation.
While he was waiting, suddenly seven wild hogs entered the plantation. Umpit prepared his blowpipe.
Then, whoosssh! One of the hogs was shot.
Amazingly, the hog disappeared.
Umpit could not find the hog anywhere.
However he found blood shed on the ground. He followed the blood trail. It went to the jungle. Finally the blood trail stopped in a big cave. Slowly he entered the cave. Then he heard a voice.
“ Who are you?”
“ My name is Umpit.
I’m looking for a wounded hog. I shot it using my blowpipe.”
“ So, it’s you! You are the man who hurt my daughter!”
Slowly a woman appeared in front of him.
“ Come, follow me,” said the woman.
She then pointed a girl. She was wounded. Her leg was bleeding.
“ She was not a real hog. We are the goddess of the jungle. I will forgive you, but you have to cure my daughter.”
Umpit was so scared. He did not know that it was not the real hog. He then took some leaves. He knew some medication because his parents taught him before.
He put the leaves on the wound. After a while, the girl was cured. The woman then gave Umpit a present. Umpit immediately went home. He ran very fast.
At home, Umpit immediately opened the present. Wow! He got jewelries, gold and diamond. Umpit sold the jewelries and now he became a rich man.
Pak Raje heard that Umpit had become a rich man. He asked Umpit how he became rich. After he knew all about it, he borrowed Umpit’s blowpipe.
He waited at his plantation, and he shot a wild hog.
He followed the blood trail and arrived at the cave. He met the woman and the injured girl. Pak Raje was asked to cure the girl. But he could not do that, and that made the woman angry. She asked all the wild hogs to attack Pak Raje.
Pak Raje ran very fast. He went to Umpit’s house. He asked Umpit to help him from the wild hogs. He agreed to help if only Pak Raje donated some of his money. Pak Raje said yes and he also promised he would be helpful to the villagers. ***

 
Putri Pinang Gading
Folklore from Bangka Belitung
http://indonesianfolklore.blogspot.com/2008/06/putri-pinang-gading.html

 

A long time ago in Belitung, there were a couple of husband and wife. The husband was a fisherman. The husbands name was Pak Inda and the wife’s name was Bu Tumina. They lived alone in their house. They did not have any children.
Pak Inda always went fishing in the morning. And in one morning as always he went to the sea. On the way there, he stumbled on a stick of bamboo.
This is dangerous. Someone may get hurt with it, said Pak Inda. He threw the bamboo to the sea. Then he continued walking. Again, he stumbled on a bamboo. “Why are there a lot of bamboos here?” asked Pak Inda to himself. He wanted to throw the bamboo to the sea. Before he did that, he looked at the bamboo carefully. I think this is the same bamboo I threw awhile ago. How can it be here again? Pak Inda was confused. He then threw the bamboo to the sea. Amazingly the bamboo kept on coming back to him. He knew that this bamboo was different from other bamboos so he brought it home. At home, Pak Inda told his wife about the bamboo. Bu Tumina suggested him to put the bamboo in a box. They put the box in their bed room. In the morning, they heard a baby crying. Pak Inda and Bu Tumina looked everywhere to find the baby. Finally they found a baby girl inside the box where they put the bamboo. However the bamboo was gone.
Pak Inda and Bu Tumina were very happy. They named the baby girl Putri Pinang Gading. Pak Inda and Bu Tumina took care of her with great love. Even though Putri Pinang Gading was their only child, they did not spoil her.
They taught her to be independent. They also taught her how to protect herself from wild animals. That was why Putri Pinang Gading grew as a great girl. One day, a giant bird attacked their village. The bird was wild. It hurt many people. Nobody dared to kill the giant bird. Putri Pinang Gading knew she had to do something. She wanted to kill the bird.
Be careful my daughter. We love you very much and we don’t want anything bad happen to you. Here, take this arrow with you. The arrow has poison and it can kill the bird. Just aim it at the bird’s heart, said Pak Inda. He knew his daughter could do that.
She was skillful with arrows. Putri Pinang Gading then went to the village. She was waiting for the bird. The villagers were scared. They asked her to be careful. Suddenly, the giant bird was flying right above her. The bird tried to attack her. Putri Pinang Gading then prepared her arrow. She aimed at the bird’s heart.
Wooosshhh! The arrow hit the bird’s heart! The bird fell on the ground and died instantly. The villagers were very happy. They thanked Putri Pinang Gading for her great action. On the ground where the giant bird fell, bamboo plants grew. The bamboos were poisonous. Later the villagers named the area as Membalong. It means poisonous bamboos. Membalong is now a district in Bangka Belitung. ***

 
WIKIPEDIA
Bangka Belitung Islands


seRumpun seBalai


Bangka-Belitung Islands is a province of Indonesia, which includes two main islands, Bangka and Belitung, and several smaller ones that lie from the east of Sumatra to the northeast of South Sumatra province. The Bangka Strait separates Sumatra and Bangka, and the Gaspar Strait separates Bangka and Belitung. The South China Sea is to the north, the Java Sea is to the south, and Borneo to the east is separated from Belitung by the Karimata Strait.

The province was formerly part of South Sumatra, but became a separate province along with Banten and Gorontalo in 2000. In 2004 its population was 1,012,655. The capital is Pangkal Pinang.

These islands have significant mining (the largest producers of tin in Indonesia). They also produce white pepper CPO etc.

Bangka Belitung also has many beaches and smaller islands which have attracted tourists from around the world. The famous beaches are Matras beach, Parai beach, Tanjung Pesona beach, Batu Bedaun beach, Remodong beach, Pasir Padi Beach, Tanjung Kelian Beach, Rebo beach, Telok Uber Beach and many others.

Administrative divisions

Bangka-Belitung is divided into six regencies (kabupaten) and 1 city (kota):

* Bangka (regency seat: Sungailiat (town))
* West Bangka (regency seat: Muntok)
* South Bangka (regency seat: Toboali)
* Central Bangka (regency seat: Koba)
* Belitung (regency seat : Tanjung Pandan)
* East Belitung (regency seat: Manggar)
* Pangkal Pinang (city)

 
 
 
 
 
 
EXIT