Safri Ishak



Version 06-FEB-2009


Shoutbox

Jakara (II)

Semester pertama SMA, Ayah mengajak pindah lagi ke Jakata, menurut orang tua saya, walaupun makan cukup tapi kalau kita terus tinggal di Rumbai akan susah melanjutkan sekolah nantinya. Tahun 1964 kami kembali ke Jakarta, kami tinggal dirumah adik ayah di Tomang Ancak (sekarang di belakang Rumah Sakit Kanker). Ayah membeli kavling di dekat situ dan membangun rumah. Waktu tinggal di Tomang saya dan kakak sekolah di SMA 11 Filial, tempatnya di lokasi Sekolah Yasporbi di komplek Bank Indonesia Pancoran, dari Tomang kami naik bus Robur ke sekolah. Kebetulan di SMA ini kami juga merupakan angkatan pertama kelas satu, karena sekolah filial tersebut baru di resmikan. Sahabat saya satu angkatan antara lain Haris Supriadi, Sujidi dan Anton Lirayana.

Ayah dan Mak serta anak anak.
Picture taken by Sujidi (my friend).

Photo kiriman Pay Ishak, film analog to CD.
Baris belakang: alm Ayah, Aak Farida, Erman (Mentok), alm Mak.
Baris depan: Tamrin, Mashuri, Rosmala, Rospita, Noviar (Mentok), Mansur dan Safri.

Photo ini diambil di rumah kami di Kompleks Kejaksaan Agung, Tebet Barat Dalam IX/D no 14, Jakarta Selatan, sekitar tahun 1966-1967.
Biasanya kami photo photo saat Hari Raya Idulfitri.

Tahun 1965 berkat bantuan adik ayah, Norma Moesa, kami sekeluarga pindah Kompleks Kejaksaan Agung Tebet Barat 9D, ayah bekerja di Kejaksaan Agung sebagai mekanik merangkap supir Bus Pegawai. Seingat saya waktu itu kantor Kejaksaan Agung masih di Lapangan Banteng, sehingga pagi-pagi ayah mengantar pegawai Kejaksaan Agung yang tinggal di komplek menuju Lapangan Banteng dan sore harinya balik lagi ke Tebet.

 
Mak membuat kue Lumpang (bank resep keluarga jatmiko) dan dijual di Toko Serba Ada Sarinah, super market pertama di Indonesia, dengan sistem konsinyasi. Bahan dasar kueh Lumpang adalah beras, beras digiling dengan gilingan batu, kemudian cairan beras tadi diencerkan dan ditambah gula. Ada tiga warna kueh Lumpang yang dibuat Mak, putih, coklat dan hijau, warna putih campuran gula pasir, warna coklat campuran gula jawa dan warna hijau campuran daun suji. Cairan kueh dimasukkan kedalam mangkuk kecil lalu dikukus, kalau campuran adonan kueh sempurna, maka pada waktu masak bagian tengah kueh akan cekung ke dalam seperti lumpang untuk menumbuk padi, sehinga dinamakan Kue Lumpang.

Membuat kue dilakukan secara gotong royong, ada yang menggiling beras, mecari daun suji, menumbuk daun suji, memasak, mengeluarkan kueh yang sudah masak dari mangkuk, mengantar kueh ke Sarinah, pekerjaan yang paling vital yaitu mencampur dan mengaduk bahan kue selalu dilakukan oleh mak.

Resep Kue Lumpang Mak Kami, Hasnah Ishak.
Mak selalu membuat tiga macam kueh Lumpang, warna Hijau, Putih dan Merah.
Sumber: catatan Cita Noviar disalin oleh Erry safri.

Bahan:
1. 300 gr tepung beras cap Bunga
2. Hijau: Air daun Suji campur Pandan tambah tiga sendok sayur ukuran sedang gula pasir ...... More .....

 

Anak Ayah same Mak.
Picture taken by Sujidi (teman SMA saya).
Photo pinjaman dari Aak Farida.

Photo ini diambil di rumah kami di Kompleks Kejaksaan Agung, Tebet Barat Dalam IX/D no 14, Jakarta Selatan, sekitar tahun 1966-1967.
Biasanya kami photo photo saat Hari Raya Idulfitri.

Waktu itu saya masih belajar di SMA XI Fillial, Yasporbi, Kompleks Perumahan Bank Indonesia, Pancoran, Jakarta Selatan.
SMA kelas satu di SMA I pekanbaru, selesai semester pertama keluarga kami pindah ke Jakarta.

Ayah kerja di Kejaksaan Agung sebagai mekanik dan Mak membuat kue Lumpang untuk dijual di Toserba Sarinah.

Tamat SMA saya dan kakak ikut ujian tes masuk UI di Istora Senayan, kakak saya masuk Fakultas Hukum. Pada waktu pengumuman hasil tes nama saya tidak ada di daftar yang lulus ujian masuk Fakultas Teknik UI. Ketika saya beritahu Ayah sama Mak, Ayah tidak mau terima dan menyuruh saya untuk kembali ke Salemba dan melihat kembali papan pengumuman, setelah saya teliti lagi, nomor peserta saya tercantum disitu, rupanya pengumuman disusun berdasarkan jurusan, weleh weleh malu deh sama orang tua.

Ayah saya meninggal dunia waktu saya naik tingkat tiga, untuk ikut meringankan beban ibu, kakak saya Farida kerja di Perusahaan Asuransi Jiwasraya, saya sempat mengajar di SMA XI Fillial, kemudian akhir tahun 1970, paman saya Ikhyar Musa yang waktu itu kerja di IBM menawarkan saya untuk ikut kursus Fortran di kantor PU Kebayoran Baru, disamping Mesjid Agung. Setelah itu saya diajak kerja di PT Pansystem di Menteng Raya dan ikut kursus programming di IBM diantaranya RPG, Cobol, PLI dan lain-lain.

Mula-mula kami mengunakan computer di MABAK, memory nya hanya 16KB dan masih menggunakan kartu punch card untuk me-load compiler, sehingga kalau mau meng-compile program, dimasukkan dulu kartu RPG Compiler dan dibelakangnya menyusul kartu program yang akan kita compile. Kalau tidak ada error, lalu dibuat object program, kemudian program ditest, bayangin saja kalau ada kesalahan di program, berapa banyak kartu yang harus dibuang. Tahun 1972 Pansystem sudah punya mesin IBM sendiri dengan memory 32KB dan sudah menggunakan Disc Operating System, sehingga tidak perlu kartu compiler lagi karena Operating System dan Compiler sudah ada di dalam system, tetapi program dan object program masih menggunakan punch card. Customer kami pada waktu itu antara lain BKKBN, Telkom, Pertambangan, Unilever, Pusri dan lain-lain. Khusus untuk Telkom Billing System, saya mendapat assignment untuk membuat program mencetak tagihan dan pertama kali saya membuat program untuk menterjemahkan jumlah tagihan menjadi terbilang dalam huruf.

Pada Era Komputer di tahun 1970an, sebagai programmer kita menulis program dalam Computer Programming Sheet lalu disampaikan kepada Key Puncher untuk membuat source program dari punch card, salah satu key puncher tinggal di Tebet dan hampir tiap hari kami berangkat dan pulang kerja bersama. Setelah berkenalan beberapa waktu saya dan Mak melamar calon istri saya Erry Suryati Tasik, kami naik beca berdua kerumah calon mertua. Alhamdulillah semua berjalan lancar, bertunangan dan sebulan kemudian sesudah bertunangan pada tanggal 1 February 1973 kami menikah. Saya tinggal dirumah mertua, enak, pagi-pagi sarapan sudah tersedia, bawa bekal ke kantor, makan malam dirumah sudah disiapkan mami. Tanggal 13 December 1973 anak pertama kami Erwin Sagata lahir, karena kami berdua tetap bekerja maka tiap hari Erwin di rumah sama mami. Nama mami Rukmiyati, biasa dipanggil Ning Yati, Mbak Yati atau Bu De Yati. Rumah mami di jalan Melinjo V, sekarang Tebet Barat VI/J.

Awal tahun 1975 saya melamar kerja ke PT Clatex Pacific Indonesia, beberapa pertimbangan saya antara lain adalah ada fasilitas perumahan, sekolah lengkap sampai SMA, fasilitas olahraga, kesehatan dan fasilitas umum lainnya dan yang paling menarik adalah kelengkapan computer baik hardware, software dan application systems serta kesempatan belajar yang sangat luas.

Kisah lebih lanjut waktu di Rumbai Pekanbaru, silahkan klik disini.

 
Silahkan kirim komentar, feedback dan saran, terima kasih.
 
My HOME www.TB512.com
www.TB512.com was created as facility to learn how to develop a website, TB512property has been developed as a pilot project which consisted of advertising regarding house, shop, townhouse, apartment and land for sale etc. TB512 is a logo of Tebet Barat 5 No 12 South Jakarta, Indonesia 12810 which is the address of my home as well as my virtual office Safri Ishak telephone 021-8296762 or mobile phone 0815 1140 1617.
My BUSINESS Directory
Tebet Business Directory consists of addresses and phone numbers of favorite restaurants, traditional markets, hotels, offices, schools, super markets, malls, automotives, gardens, flowers, cakes, advertising, computers, salons, barber shops, cosmetics, banks, apartments etc.Originally it was compiled for personal purposes and then published to the internet as a gateway to search business directory and websites in Tebet and surrounding area.
EXIT
 
WIKIPEDIA

Cakes
From Wikipedia, the free encyclopedia

Tebet Business Directory

Cake is a form of food that is usually sweet and often baked. Cakes normally combine some kind of flour, a sweetening agent (commonly sugar), a binding agent (generally egg, though gluten or starch are often used by vegetarians and vegans), fats (usually butter, shortening, or margarine, although a fruit purée such as applesauce is sometimes substituted to avoid using fat), a liquid (milk, water or fruit juice), flavors and some form of leavening agent (such as yeast or baking powder), though many cakes lack these ingredients and instead rely on air bubbles in the dough to expand and cause the cake to rise. Cake is often frosted with buttercream or marzipan, and finished with piped borders and crystallized fruit.

Cake is often the dessert of choice for meals at ceremonial occasions, particularly weddings, anniversaries and birthdays. There are literally millions of cake recipes (some are bread-like and some rich and elaborate) and many are centuries old. Cake making is no longer a complicated procedure; while at one time considerable labor went into cake making (particularly the whisking of egg foams), baking equipment and directions have been simplified that even the most amateur cook may bake a cake.

 

Bakery
From Wikipedia, the free encyclopedia

Tebet Business Directory

A bakery (also called baker's or bakehouse) is an establishment which produces or/and sells bread, pies, pastries, cakes, biscuits, cookies, etc. Many retail bakeries are also cafés, serving coffee and tea to customers who wish to enjoy the freshly baked goods on the bakery's premises. Bakers work there.

 

Pizza
From Wikipedia, the free encyclopedia

Pizza, in Italian: ['pit.tsa]) is a popular dish made with an oven-baked, flat, generally round bread that is covered with tomatoes or a tomato-based sauce and mozzarella cheese. Other toppings are added according to region, culture or personal preference.

Originating as a part of Italian cuisine, the dish has become popular in many different parts of the world. A shop or restaurant where pizzas are made and sold is called a “pizzeria”. The phrase “pizza parlor” is also used in the United States. The term pizza pie is dialectal, and pie is used for simplicity in some contexts, such as among pizzeria staff.

 

Pasta
From Wikipedia, the free encyclopedia

Pasta (Italian for "dough") is a generic term for Italian variants of noodles, food made from a dough of flour, water and/or eggs, that is boiled. The word can also denote dishes in which pasta products are the primary ingredient, served with sauce or seasonings.

There are approximately 350 different shapes of pasta. A few examples include spaghetti (solid, thin cylinders), maccheroni (tubes or hollow cylinders), fusilli (swirls), and lasagne (sheets). Two other noodles, gnocchi and spätzle, are sometimes counted as pasta because they are traditional in Italy; however, their "native" distributions (and perhaps their origins) are outside Italy, and these noodles have more in common with dumplings than with typical pasta. The two basic styles of pasta are dried and fresh. There are also variations in the ingredients used in pasta. The time for which pasta can be stored varies from days to years depending upon whether the pasta is made with egg or not, and whether it is dried or fresh. Pasta is boiled before consumption.

 

Bread
From Wikipedia, the free encyclopedia

Bread is a staple food prepared by baking a dough of flour and water. It may be leavened or unleavened. Salt, fat and a leavening agent such as yeast are common ingredients, though breads may contain a range of other ingredients: milk, egg, sugar, spice, fruit (such as raisins), vegetables (such as onion), nuts (such as walnuts) or seeds (such as poppy seeds). Bread is one of the oldest prepared foods, dating back to the Neolithic era. The development of leavened bread can probably also be traced to prehistoric times.

Fresh bread is prized for its taste, aroma and texture. Retaining its freshness is important to keep it appetizing. Bread that has stiffened or dried past its prime is said to be stale. Modern bread is sometimes wrapped in paper or plastic film, or stored in an airtight container such as a breadbox to keep it fresh longer. Bread that is kept in warm, moist environments is prone to the growth of mold. Bread kept at low temperatures, for example, in a refrigerator, will develop mold growth more slowly than bread kept at room temperature. However, unwrapped bread kept in a typical household refrigerator will turn stale quickly due to the low humidity of the air.

The inner, soft part of bread is known to bakers and other culinary professionals as the crumb, which is not to be confused with small bits of bread that often fall off, called crumbs. The outer hard portion of bread is called the crust.